Apakah Diare Menyebabkan Berat Badan Turun? Mari Simak Disini!

Apakah Diare Menyebabkan Berat Badan Turun? Mari Simak Disini!

Ilustrasi--Freepik/benzoix

RADAR JABAR - Diare, seringkali dianggap sebagai salah satu masalah kesehatan yang tidak menyenangkan, dapat menciptakan persepsi keliru terkait penurunan berat badan. Terkadang penyakit Diare menyebabkan berat badan turun.

Beberapa orang mungkin percaya bahwa Diare secara signifikan dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi mari kita lihat lebih dekat pada fakta-fakta dan dampak sebenarnya.

1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penurunan berat badan Saat Diare

a. Kehilangan Cairan

Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dalam tubuh, yang secara alami akan merangsang penurunan berat badan. Namun, ini umumnya bersifat sementara dan bersifat lebih terkait dengan kehilangan cairan daripada kehilangan lemak.

b. Pengurangan Konsumsi Makanan

Kondisi diare dapat menyebabkan pengurangan konsumsi makanan karena kekhawatiran terhadap sakit perut. Meskipun ini dapat mengakibatkan penurunan berat badan, perlu dicatat bahwa hal ini bersifat sementara dan tidak dapat dianggap sebagai metode yang sehat untuk menurunkan berat badan.

c. Gangguan Makan

Diare dapat menyebabkan gangguan makan, terutama disertai dengan sakit perut. Ini bisa mengurangi nafsu makan dan memberikan dampak negatif pada berat badan. Namun, hal ini juga bersifat sementara dan tidak menjamin penurunan berat badan yang signifikan.

BACA JUGA:7 Tips Efektif Menurunkan Berat Badan 10 Kg dalam 2 Bulan dengan Cara Sehat

2. Penurunan Berat Badan Sementara:

Meskipun diare dapat menyebabkan penurunan berat badan sementara, ini bukanlah metode yang dapat diandalkan atau sehat. Penurunan berat badan yang terjadi saat diare umumnya dikaitkan dengan kehilangan cairan dan bukan hilangnya lemak.

3. Kembalinya Berat Badan Setelah Diare:

Setelah diare mereda, berat badan umumnya akan kembali normal. Tubuh berusaha menggantikan cairan yang hilang selama diare dan memulihkan keadaan keseimbangan alami.

4. Cara Sehat Menurunkan Berat Badan:

Menjadi sakit bukanlah metode yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Metode sehat, seperti menjaga asupan kalori dan berolahraga teratur, jauh lebih efektif dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

BACA JUGA:Cara Bikin Minuman dan Manfaat Detoks Lemon dan Jahe untuk Turunkan Berat Badan

Kesimpulan:

Penurunan berat badan yang terjadi saat diare hanyalah efek sementara yang lebih terkait dengan kehilangan cairan tubuh. Metode sehat, seperti menjalani gaya hidup aktif dan menjaga pola makan yang seimbang, tetap menjadi pendekatan yang lebih baik untuk mencapai berat badan yang diinginkan.

Konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan panduan yang tepat mengenai cara menjaga berat badan secara sehat.

Sumber: berbagai sumber