Efektif Membantu Proses Belajar! Ini 8 Aplikasi Android yang Penting untuk Pelajar

Efektif Membantu Proses Belajar! Ini 8 Aplikasi Android yang Penting untuk Pelajar

Efektif Membantu Proses Belajar! Ini 8 Aplikasi Android yang Penting untuk Pelajar-Gambar ilustrasi untuk Aplikasi Android yang Penting untuk Pelajar-Freepik

Radar Jabar – Pernahkah Anda bertanya aplikasi Android apa saja yang bagus dalam membantu proses belajar? Bukan pertanyaan asing mengingat di era digital seperti sekarang memang teknologi bisa memberi banyak kemudahan pada berbagai bidang kehidupan.

 

Mulai dari orang dewasa seperti pekerja mau pun anak-anak yang masih pelajar tentu membutuhkan aplikasi-aplikasi tertentu untuk menunjang kegiatannya. Untuk pelajar, mereka kerap membutuhkan beragam media pembelajaran seperti buku fisik hingga aplikasi guna menyelesaikan tugas dan belajar harian.

 

Jika berbicara tentang aplikasi maka platform Android merupakan salah satu yang ideal membantu berbagai aktivitas. Android memang sudah umum menjadi andalan banyak orang serta pula sangat fleksibel.

 

Nah dalam hal belajar-mengajar ada delapan aplikasi Android yang esensial untuk pelajar sebab efektif membantu proses belajar mereka. Berikut daftarnya sebagaimana dilansir dari IDN Times.

 

1. Photomath

Photomath merupakan salah satu aplikasi bantuan dalam belajar, berlatih, serta memahami konsep dasar matematika. Mulai dari materi Aljabar hingga Kalkulus bisa kalian pelajari dalam aplikasi ini.

 

Selain itu Photomath menawarkan fitur mengerjakan soal instan. Cukup foto soal tugasnya kemudian aplikasi tersebut akan mengerjakannya. Meski begitu manfaatkan aplikasi ini secara bijak bukan malah sebagai cheat supaya mudah menyelesaikan PR.

 

2. Dictionary – WordWeb

Dictionary – WordWeb adalah kamus digital bahasa Inggris yang lengkap. Tersedia lebih dari 285.000 kata lengkap beserta contoh penggunaan serta audio untuk pelafalannya.

 

Keunggulan Dictionary – WordWeb daripada aplikasi kamus lainnya ialah pengguna dapat memakainya saat offline.

 

3. My Study Life – School Planner

My Study Life – School Planner menjadi aplikasi yang dapat membantu kalian mengatur jadwal aktivitas sehari-hari. Tentu jadwal yang terorganisir akan membuat proses belajar pelajar jadi lebih maksimal.

 

Anda bisa memanfaatkan aplikasi itu dalam mengatur jafwal pelajaran, membuat pengingat tugas, serta rencana belajar untuk ulangan atau ujian. Kemudahan yang My Study Life – School Planner tawarkan membantu kalian agar tidak harus khawatir lagi saat dikejar deadline, dan sayonara pada belajar sistem kebut semalam (SKS).

 

4. Google Translate

Google Translate sangat dapat diandalkan untuk tugas terkait bahasa asing atau kalian mencari referensi jurnal internasional. Aplikasi Android ini bisa menerjemahkan teks ke berbagai bahasa dengan metode foto mau pun memasukkan teks secara manual.

 

Kualitas terjemahan Google Translate juga kalimatnya luamayan rapi. Aplikasi translator ini pun mampu auto-correct untuk membenarkan secara otomatis ketikan yang salah eja.

 

5. Student Wallet

merupakan aplikasi yang akan membantu kalian soal mengatur uang jajan. Fenomena lumrah memang bagi pelajar yang mungkin sering uang jajan mereka cepat habis padahal nominalnya cukup banyak.

 

Aplikasi itu memiliki salah satu fitur utama yaitu menambah daftar teman ke aplikasi guna mengetahui transfer uang antar teman. Student Wallet akan membantumu mengalokasikan uang saku ke berbagai kebutuhan seperti untuk bayar tagihan, belim makanan, hingga keperluan sekolah.

 

6. Wikipedia

Wikipedia kerap menjadi salah satu ‘teman’ terbaik untuk mengerjakan tugas esai sejarah atau pengetahuan umum. Ini merupakan situs ensiklopedia yang menyimpan informasi tentang berbagai bidang dari seluruh penjuru dunia.

 

Saat ini sudah ada Wikipedia versi aplikasi di Google Playstore. Terlepas dari segudang informasi yang tersedia, pastikan kalian memverifikasi ulang data dan fakta sebab Wikipedia termasuk open source yang bisa disunting oleh siapapun.

 

7. Microsoft Lens

Microsoft Lens sangat cocok jika kalian sedang tidak memiliki banyak waktu untuk mengetik. Aplikasi ini bakal memindai dokumen melalui kamera dan lalu mengubahnya menjadi bentuk digital, bisa pula mengonversinya menjadi teks yang dapat disunting.

 

Bahkan Microsoft Lens mampu mengonversi tulisan tangan menjadi versi digital. Ada beberapa ekstensi yang bisa kamu pilih macam Word, PDF, PowerPoint, hingga file foto.

 

8. Google Drive

Penyimpanan online seperti via Google Drive sedang banyak digunakan lantaran memungkinkan keamanan data menjadi lebih terjamin. Aplikasi satu ini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari bagi pelajar atau pekerja.

 

Bahkan pula kini banyak guru mengintegrasikan Google Drive ke dalam metode pembelajaran. File di Google Drive mustahil terhapus atau diserang virus, dan apabila perangkatmu rusak, file-nya akan tetap aman.

Sumber: