Moms Ini 8 Ikan yang Cocok Dikonsumsi Ibu Hamil!

Moms Ini 8 Ikan yang Cocok Dikonsumsi Ibu Hamil!

Ikan salmon salah satu ikan yang cocok dikonsumsi ibu hamil--Freepik/yastremskaolga

RADAR JABAR - Moms, ternyata ikan merupakan nutrisi yang baik untuk buah hati Anda. Berikut ini adalah ikan yang cocok dikonsumsi ibu hamil.

Kehamilan adalah masa di mana asupan nutrisi menjadi kunci utama untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Dalam memilih jenis ikan untuk dikonsumsi selama kehamilan, ibu hamil perlu memperhatikan jenis ikan yang aman dan bermanfaat bagi kesehatan mereka dan janin yang sedang berkembang.

Mari kita tinjau lebih lanjut mengenai jenis ikan yang cocok dikonsumsi ibu hamil. Rekomendasi ini tentunya bisa menambah menu makan Anda.

1. Salmon: Penuh dengan Omega-3

Salmon merupakan sumber utama asam lemak omega-3, terutama DHA dan EPA. Asam lemak ini berperan penting dalam perkembangan otak, penglihatan, dan sistem saraf janin. Konsumsi salmon juga membantu mengurangi risiko komplikasi kehamilan.

BACA JUGA:3 Ikan yang Cocok Untuk Dijadikan Sashimi

2. Ikan Sarden: Kaya Vitamin D dan Kalsium

Ikan sarden memberikan kontribusi signifikan dalam pemuasan kebutuhan vitamin D dan kalsium. Vitamin D membantu penyerapan kalsium, yang esensial untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin.

3. Ikan Teri: Sumber Kalsium dan Omega-3

Ikan teri merupakan pilihan ikan kecil yang kaya akan kalsium, fosfor, dan omega-3. Kombinasi ini memberikan dukungan optimal untuk perkembangan tulang, gigi, dan jaringan janin.

4. Ikan Cod: Protein Berkualitas Tinggi

Ikan cod menyajikan protein berkualitas tinggi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otot janin. Selain itu, kandungan selenium dalam ikan cod mendukung sistem kekebalan tubuh dan fungsi tiroid.

5. Ikan Trout: Protein, Vitamin, dan Omega-3

Trout adalah sumber protein tinggi, mengandung vitamin D, selenium, dan omega-3. Kombinasi ini menjadikan ikan trout sebagai kontributor yang baik untuk kesehatan selama kehamilan.

6. Ikan Hoki: Omega-3 untuk Kesehatan Otak Janin

Ikan hoki mengandung asam lemak omega-3 yang esensial untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin. Vitamin D dan B12 dalam ikan ini juga memberikan tambahan nilai nutrisi.

7. Ikan Tilapia: Rendah Lemak, Tinggi Zat Besi

Tilapia merupakan ikan rendah lemak yang kaya akan zat besi. Kandungan zat besi dalam ikan ini membantu mengurangi risiko anemia pada ibu hamil.

8. Ikan Rainbow Trout: Keseimbangan Nutrisi

Rainbow trout menyajikan keseimbangan nutrisi dengan vitamin D, selenium, dan omega-3. Konsumsi ikan ini dapat membantu mengurangi risiko persalinan prematur.

BACA JUGA:8 Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari, Nomor 6 Mengerikan

Pertimbangan Penting

Batas Konsumsi: Penting untuk membatasi konsumsi ikan tertentu yang dapat mengandung tingkat merkuri tinggi, seperti tuna besar dan ikan hiu.

Sumber: