Waspada!! Wabah Pneumonia di China Telah Menyabar, Kenali Gejala Hingga Cara Pengobatannya!

Waspada!! Wabah Pneumonia di China Telah Menyabar, Kenali Gejala Hingga Cara Pengobatannya!

Waspada!! Wabah Pneumonia di China Telah Menyabar, Kenali Gejala Hingga Cara Pengobatannya!-Wabah Pneumonia-Ilustrasi Freepik

RADAR JABAR - Tiongkok telah melaporkan peningkatan kasus serupa influenza yang menyerang anak-anak sejak pertengahan Oktober.

Pada bulan November, Program Penyakit Berkembang Tiongkok (ProMED) melaporkan penyakit pneumonia misterius. Pemerintah mengantisipasinya dengan menambah jumlah klinik.

WHO Tiongkok juga menghimbau warganya untuk memakai masker, menjauhi orang sakit, dan tinggal di rumah jika merasa tidak sehat.

Ahli epidemiologi Universitas Griffith Dicky Budiman mengatakan penyakit pernafasan seperti ini akan menyebar dengan sangat cepat, termasuk ke Indonesia.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa penyebab penyakit pneumonia misterius tersebut

 

Apasih Pneumonia Itu?

Pneumonia adalah suatu keadaan peradangan yang terjadi ketika seseorang mengalami infeksi pada kantung udara di dalam paru-paru. Cairan atau nanah (dahak purulen) dapat mengisi kantung udara yang terinfeksi tersebut. Gejala gangguan ini meliputi batuk berdahak atau bernanah, demam, menggigil, dan kesulitan bernapas.

Infeksi yang menyebabkan pneumonia dapat terjadi di satu sisi atau kedua sisi paru-paru. Penyebab utama peradangan ini melibatkan infeksi oleh virus, bakteri, atau jamur. Di Indonesia, pneumonia juga dikenal sebagai paru-paru basah. Penyakit ini tidak hanya mempengaruhi orang dewasa, tetapi juga anak-anak, bahkan bayi yang baru lahir.

Pneumonia yang disebabkan oleh virus dan bakteri merupakan penyakit yang dapat menular. Artinya, seseorang yang menderita pneumonia dapat menyebarkan infeksinya kepada orang lain melalui udara yang terkontaminasi dari bersin atau batuk. Oleh karena itu, orang yang mengalami gangguan ini disarankan untuk menggunakan masker guna menghindari penyebaran cairan dari mulut mereka.

 

BACA JUGA:Apa Itu Virus Nipah? Sedang Mewabah di India, Ketahui Cara Mencegahnya

 

Top of Form

Penyebab Pneumonia

Penyebab pneumonia bervariasi, namun berdasarkan organisme dan lokasi penyebarannya, pneumonia dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pneumonia komunitas yang menyebar di lingkungan umum, dan pneumonia yang terjadi di rumah sakit. Terdapat beberapa kategori penyebab pneumonia:

  1. Pneumonia di Lingkungan Umum: Organisme penyebab pneumonia di lingkungan umum berbeda dengan di rumah sakit, dan umumnya lebih sulit diobati. Contohnya meliputi:
    • Bakteri, terutama Streptococcus pneumoniae.
    • Organisme menyerupai bakteri, seperti Mycoplasma pneumonia.
    • Jamur, khususnya menyerang individu dengan gangguan sistem kekebalan.
    • Virus.
  1. Pneumonia di Rumah Sakit: Beberapa individu dapat mengalami pneumonia selama perawatan di rumah sakit akibat penyakit lain. Pneumonia ini bisa menjadi serius karena bakteri penyebabnya mungkin lebih resisten terhadap antibiotik. Orang yang menggunakan ventilator di unit perawatan intensif memiliki risiko lebih tinggi terkena jenis pneumonia ini.
  2. Pneumonia dari Perawatan Kesehatan: Pneumonia dari perawatan kesehatan cenderung terjadi pada mereka yang dirawat di fasilitas perawatan jangka panjang atau menerima perawatan rutin di klinik rawat jalan, termasuk pusat dialisis ginjal. Seperti infeksi rumah sakit, peradangan pada paru-paru dapat disebabkan oleh bakteri yang resisten terhadap antibiotik.

Sumber: