Dikecam PM Kanada, Netanyahu Tetap Tuduh Hamas yang Bunuh Warga Sipil di Gaza

Dikecam PM Kanada, Netanyahu Tetap Tuduh Hamas yang Bunuh Warga Sipil di Gaza

Netanyahu Tetap Tuduh Hamas yang Bunuh Warga Sipil di Gaza-Ist-

RADAR JABAR - Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, menyatakan bahwa pembunuhan perempuan, anak-anak, dan bayi di Jalur Gaza harus dihentikan oleh Israel.

Ini merupakan kritik paling keras yang dilontarkan Trudeau terhadap Israel sejak pecahnya perang melawan Hamas satu bulan yang lalu.

Trudeau menekankan bahwa meskipun Israel memiliki hak untuk membela diri dari serangan Hamas, yang menyerang wilayah selatan Israel bulan lalu dan menyebabkan kematian 1.400 orang serta penyanderaan lebih dari 200 orang, keprihatinan semakin meningkat atas tingginya jumlah korban di wilayah yang terdampak.

Akibat agresi Israel, lebih dari 11.000 orang dilaporkan tewas oleh para pejabat kesehatan setempat sejak konflik dimulai.

BACA JUGA:Partai Sosialis AS Sebut Aksi Dukung Israel di Washington DC Pawai Pro Genosida

“Saya mendesak pemerintah Israel untuk menahan diri secara maksimal. Dunia menyaksikan, di TV, di media sosial kami mendengarkan kesaksian para dokter, anggota keluarga, penyintas, anak-anak yang kehilangan orang tua mereka,” kata Justin Trudeau.

Justin Trudeau menambahkan bahwa dunia menyaksikan pembunuhan terhadap perempuan, anak-anak, dan bayi.

“Ini harus dihentikan," katanya pada konferensi pers di provinsi barat British Columbia, Selasa 14 November 2023.

Keselamatan 36 bayi di Rumah Sakit Al Shifa di Gaza mengalami risiko pada hari Selasa, seperti yang diungkapkan oleh staf medis di sana.

Mereka menyatakan bahwa tidak ada mekanisme yang jelas untuk memindahkan bayi-bayi tersebut, meskipun Israel telah berupaya menyediakan inkubator untuk evakuasi.

Sebanyak tiga dari 39 bayi prematur telah meninggal sejak rumah sakit terbesar di Gaza kehabisan bahan bakar pada akhir pekan, mengakibatkan mati listrik pada generator yang menjaga inkubator tetap beroperasi.

Trudeau juga menyuarakan pendapatnya bahwa Hamas harus menghentikan penggunaan warga Palestina sebagai tameng manusia dan segera melepaskan semua sandera yang mereka tahan.

BACA JUGA:Joe Biden Minta Israel Hentikan Serangan ke Rumah Sakit di Gaza

“Sekitar 350 warga negara Kanada, penduduk tetap dan anggota keluarga telah dievakuasi dari Gaza,” tambahnya.

Sumber: