6 Penyebab Orang Mengantuk setelah Minum Kopi, Bukan Jaminan Bikin Mata Melek?

6 Penyebab Orang Mengantuk setelah Minum Kopi, Bukan Jaminan Bikin Mata Melek?

6 Penyebab Orang Mengantuk setelah Minum Kopi, Bukan Jaminan Bikin Mata Melek?-Kopi-Pixabay

Radar Jabar – Tidur tentu adalah pilihan terbaik ketika seseorang merasa mengantuk. Meski begitu, hal tersebut tidak bisa dilakukan apabila perasaan kantuk datang saat seseorang sedang melakukan pekerjaannya.

 

Meminum segelas kopi pun menjadi cara paling favorit banyak orang untuk menghilangkan kantuk sehingga bisa fokus bekerja. Keputusan ini mengingat peran kopi sebagai stimulan yang mampu mendongkrak level energi serta membuat pikiran tetap tajam.

 

Namun tidak semua orang bisa tetap melek mata dan rasa kantuknya menghilang dengan minum kopi. Bahkan sebaliknya, mereka malah dilanda perasaan mengantuk seusai meminum minuman yang merupakan salah satu paling populer di dunia tersebut.

 

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebab orang mengantuk setelah minum kopi. Terdapat sejumlah faktor yang memungkinkan terjadinya reaksi tersebut, dan inilah penjelasannya.

 

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Kopi Hitam untuk Kesehatan

 

1. Efek Adenosine

 

Adenosine adalah molekul yang membuat rasa kantuk dan diproduksi secara alami oleh tubuh. Saat minum kopi, kafein dalam minuman itu akan menghalangi adenosine, yang seharusnya membuat seseorang merasa kantuk, untuk diterima oleh otak.

 

Namun, jika seseorang kurang tidur, tubuh akan memproduksi adenosin dalam jumlah yang lebih banyak, yang membuat kafein kalah melawan adenosin dalam tubuh, sehingga kafein tidak dapat bekerja dengan efektif.

 

2. Respon terhadap Stres

 

Minum kopi dapat meningkatkan kadar hormon stres dalam tubuh, bahkan jika diminum dalam jumlah yang sama setiap hari. Setelah respons awal terhadap stres berlalu, seseorang mungkin merasa ingin tidur untuk memprosesnya, karena kantuk dan kelelahan.

 

3. Toleransi kafein

 

Konsumsi kopi secara teratur atau berlebihan dapat menyebabkan toleransi kafein yang berarti tubuh menjadi kurang responsif terhadap kafein. Akibatnya, efek stimulasi kafein berkurang, dan orang tersebut mungkin merasa mengantuk setelah minum kopi.

 

BACA JUGA:7 Tips Menikmati Kopi Agar Aman di Lambung

 

4. Lonjakan Energi dari Gula

 

Melansir dari IDN Times, seseorang bisa mengalami sugar crash setelah meminum kopi apabila menggunakan tambahan gula. Bukan hanya gula seperti gula pasir, namun juga pemanis tambahan lainnya seperti creamer hingga sirup.

 

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dengan cepat, diikuti dengan penurunan yang cepat, yang dapat menyebabkan kelelahan dan kantuk. Konsumsi kopi yang terlalu manis atau mengandung susu juga dapat membuat seseorang merasa lelah.

 

5. Dehidrasi

 

Kopi bersifat diuretik, yang berarti dapat membuat Anda lebih sering buang air kecil dan kehilangan lebih banyak air dari tubuh. Ketika tubuh kehilangan air, sirkulasi darah melambat, dan oksigen yang beredar di dalam tubuh berkurang sehingga menyebabkan kelelahan dan kantuk.

 

Meminum kopi dalam jumlah sedang mungkin tidak akan menghasilkan efek apa pun. Akan tetapi kamu berpotensi menjadi lebih sering buang air kecil apabila meminum lebih dari empat gelas kopi.

 

BACA JUGA:8 Cara Agar Cepat Tidur Setelah Minum Kopi

 

6. Bahan kimia beracun

 

Jika kalian masih mengantuk setelah minum kopi mungkin saja terkandung bahan kimia beracun alami yang disebut mikotoksin di dalamnya. Mikotoksin adalah bahan kimia beracun alami yang ada pada jamur dalam biji-bijian, termasuk biji kopi.

 

Dalam dosis tinggi, mikotoksin dapat menyebabkan kelelahan dan kantuk. Organisasi kesehatan dunia alias WHO dilansir dari Suara.com, menyarankan agar menggunakan komoditas kopi yang telah dikeringkan serta disimpan dengan benar untuk mengurasing risiko mikotoksin.

 

Demikianlah beberapa alasan di balik seseorang menjadi mengantuk pasca menikmati kopi. Dengan pemahaman ini, Anda dapat lebih memahami mengapa minum kopi dapat menyebabkan rasa mengantuk dan dapat mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk mengatasi hal tersebut.

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: