2 Terduga Teroris Berhasil Dibekuk Densus 88 di Sukabumi, Polisi Sampaikan Isi Grup Chat

2 Terduga Teroris Berhasil Dibekuk Densus 88 di Sukabumi, Polisi Sampaikan Isi Grup Chat

Terduga Teroris Berhasil Dibekuk Densus 88 di Sukabumi-Antara-

RADAR JABAR - Pasukan khusus anti-terorisme, yaitu Densus 88, berhasil menangkap 2 orang yang terduga teroris di Kampung Lemburhuma, Desa Bojongsawah, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada hari Minggu, 5 November 2023.

Sebelumnya, pada hari Rabu, 1 November 2023, Densus 88 juga berhasil menangkap keduanya. Barang-barang bukti seperti buku berbahasa Indonesia, senjata tajam jenis golok, senter, handphone, dan sepatu latihan telah disita.

Berdasarkan keterangan Ketua RT di wilayah tersebut, dia mengatakan bahwa petugas Densus 88 meminta bantuan untuk melakukan ledakan di salah satu rumah di Kampung Lemburhuma.

“ Saya dimintai oleh Polres Sukabumi Kota mendampingi petugas dari Densusu 88,” kata ketua RW setempat, Andi Priyatna.

BACA JUGA:Tanggapan BNPT Soal Dugaan Ajaran Terorisme di Ponpes Al Zaytun

Sebelum operasi penggerebekan dilaksanakan, atmosfer di Kampung Lemburhuma sangat tegang. Pasukan Densus 88, mengenakan seragam lengkap dan bersenjata, mengelilingi rumah seorang yang diduga sebagai teroris.

Tanpa ada perlawanan, pemilik rumah terduga teroris berhasil diamankan. Sementara itu, petugas lainnya melakukan pencarian barang bukti di sekitar area dalam rumah.

" Penggerebakan mulai pukul 09.30 WIB, ada dua rumah yang digeledah berserta dua orang yang ditangkap,” lanjut Andi Priyatna.

Andi Priyatna mencatat bahwa kedua orang yang diduga sebagai teroris tersebut merupakan penduduk lokal yang biasanya bekerja sebagai pedagang dan petani. Menurut informasi yang diungkap, salah satunya pernah menjadi narapidana terkait kasus terorisme.

" Pekerjaan, satu petani dengan pedagang. Yang saya kelihatan jualan es buah, telor, jualan kebab. Salah satunya bekas narapida teroris,” terang Andi  Priyatna.

Selama pemeriksaan di rumah pertama, tim Densus 88 berhasil mengamankan barang bukti berupa buku-buku berbahasa Indonesia, golok, senter, handphone, serta sepatu latihan.

Kemudian, dari rumah terduga yang merupakan mantan narapidana teroris, Densus 88 juga mengambil handphone, buku-buku, pisau, dan sepatu latihan sebagai barang bukti.

" Barang bukti yang disita petugas sama, kita juga tidak menyangka keduanya terduga teroris yang dicari petugas,” kata Andi  Priyatna.

Andi Priyatna menyatakan bahwa kedua pelaku memang cenderung tertutup dan tidak terlalu berinteraksi dengan masyarakat lokal. Sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror berhasil mengamankan dua individu di Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 27 Oktober 2023.

Sumber: