Dinkes Kota Bandung Imbau Warga Agar Terapkan PBHS Demi Cegah Cacar Monyet

Dinkes Kota Bandung Imbau Warga Agar Terapkan PBHS Demi Cegah Cacar Monyet

Dinkes Kota Bandung Imbau Warga Agar Terapkan PBHS Demi Cegah Cacar Monyet-Ilustrasi penularan cacar monyet-Freepik/brgfx

RADAR JABAR - Pemerintah Kota Bandung, pada tanggal 01/11, menerbitkan imbauan kepada masyarakat untuk mengamalkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tujuan mengurangi penyebaran penyakit cacar monyet atau Mpox, termasuk menghindari kontak dengan individu yang menunjukkan gejala serupa.

 

“Pencegahannya, lagi-lagi dengan PHBS. Kita ga boleh dekat-dekat dengan orang yang bergejala mirip cacar monyet, soalnya penularan memang dari lesi dan rajin cuci tangan” ungkap dr. Ira Dewi Jani, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, pada hari Rabu di Bandung.

 

Ia menjelaskan bahwa cacar monyet adalah penyakit virus yang dapat ditularkan antarmanusia. Potensi penularan cacar monyet terjadi melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau lesi pada kulit yang telah terpapar.

BACA JUGA:Kasus Cacar Monyet Naik, Kenali Penularannya dan Cara Pencegahannya di Bawah!

 

“Jadi kita terangkan, kalau demam lalu ada pembesaran kelenjar getah bening dan benjolan di bawah leher, belakang kuping, ketiak kayak benjolan itu harus cepat ke fasilitas kesehatan" ungkapnya.

 

Ira berharap masyarakat bisa mendapatkan edukasi yang memadai untuk mengenali tanda-tanda seseorang yang telah terjangkit cacar monyet agar bisa menghindari penyebaran penyakit tersebut.

 

“Nah jadi kita harus tahu gimana caranya kita bisa mengenali tanda dan gejala sedini mungkin, supaya tahu harus gimana cara pencegahannya”  tambahnya.

BACA JUGA:Pemkot Tangerang Telah Siapkan Vaksin Cacar Monyet

 

Sumber: antara