10 Rekomendasi Merek RAM Terbaik untuk Menambah Kinerja PC dan Laptop

10 Rekomendasi Merek RAM Terbaik untuk Menambah Kinerja PC dan Laptop

Rekomendasi Merek RAM terbaik dari yang termurah sampai termahal-Ilustrasi/Unsplash-

RADAR JABAR – Bagi Anda yang berniat meng-upgrade RAM untuk menambah kinerja laptop atau PC komputer, kami akan memberi rekomendasi merek terbaiknya.

RAM (Ramdom Acces Memory) adalah perangkat keras yang ada di dalam beragam perangkat elektronik seperti komputer, laptop, dan ponsel.

Memori merupakan salah satu komponen penting dalam perangkat apa pun, termasuk laptop dan PC. RAM berfungsi sebagai penghubung antara CPU dan seluruh sistem.

Peran utama dari RAM adalah untuk mempercepat proses pengolahan data pada perangkat tersebut. Tidak mengherankan bahwa semakin besar kapasitas RAM yang digunakan, maka semakin tinggi kinerja perangkat elektronik tersebut.

10 Rekomendasi Merek RAM Terbaik

Berikut adalah rekomendasi merek RAM terbaik dari harga termurah sampai termahal, untuk menambah kinerja PC dan laptop Anda.

1. Corsair Vengeance DDR4

RAM kit dari Corsair ini menawarkan kinerja unggul dan kecepatan tinggi dengan frekuensi operasi 2400 MHz. Model khusus ini terdiri dari RAM 2 * 8 GB, namun tersedia juga pilihan lain dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA:5 Rekomendasi PC Gaming Murah yang Memuaskan, Main Game Lebih Enjoy!

Modul ini memiliki latensi CAS sebesar 16 yang baik, beroperasi pada frekuensi 2004-400 MHz. Kelebihan lainnya adalah kemampuannya untuk di-'overclock' secara otomatis tanpa perlu perubahan BIOS. Harga RAM merek Corsair Vengeance DDR4saat ini sekitar Rp600.000 untuk kapasitas 16 GB.

2. Adata XPG Spectrix D50

RAM DDR4 16 GB 3200 MHz, cocok untuk bermain game dalam durasi yang lama. Adata menawarkan produk dengan heatsink logam yang kokoh, tahan lama, serta desain elegan.

RAM ini dapat dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Saat ini, Adata XPG Spectrix D50 dibandrol dengan harga sekitar Rp700.000.

3. Teamgroup T-Force Zeus

Merek kit RAM ini berkinerja tinggi berkat kompatibilitas luas dengan berbagai jenis laptop, kinerja cepat, dan pengoperasian bertegangan rendah.

Teamgroup T-Force Zeus didesain ramping dan menjadi pilihan banyak gamer, pembuat konten, dan profesional lainnya.

Dengan kapasitas hingga 32 GB, kecepatan 3.200 MHz, serta operasi pada tegangan rendah sekitar 1,2 volt, RAM ini mengurangi konsumsi daya dan panas tanpa mengorbankan kinerja pada PC atau laptop. Harga T-Force Zeus sekitar Rp800.000.

4. Kingstone Fury Impact 5600 MHz

Modul RAM DDR5 ini cocok bagi mereka yang membutuhkan performa ekstrem. Kingstone Fury menawarkan spesifikasi dan performa luar biasa dengan kecepatan hingga 5600 MT per detik, dan tersedia juga varian 4800 MT per detik.

Sumber: