Vaksinasi Mpox Dimulai Pada Hari Ini 24 Oktober 2023, Berikut Jenis dan Sasarannya

Vaksinasi Mpox Dimulai Pada Hari Ini 24 Oktober 2023, Berikut Jenis dan Sasarannya

Vaksinasi Mpox Dimulai Pada Hari Ini 24 Oktober 2023, Berikut Jenis dan Sasarannya-Vaksinasi Mpox Dimulai Pada Hari Ini 24 Oktober 2023-Freepik

RADAR JABAR - Untuk mengatasi masalah kasus monkeypox, Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) berencana untuk melakukan vaksinasi, terutama pada populasi yang memiliki risiko tertinggi.

Kriteria penerima vaksin monkeypox adalah laki-laki yang dalam dua minggu terakhir telah melakukan hubungan seksual berisiko, termasuk berhubungan seks dengan sesama jenis, baik dengan atau tanpa status HIV.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Maxi Rein Rondonuwu, mengungkapkan bahwa vaksinasi untuk monkeypox akan dimulai pada 24 Oktober 2023, dengan target sekitar 447 orang.

Lokasi vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta, termasuk klinik Carlo dan Puskesmas di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat.

 

Jenis Vaksin

Vaksin ini akan diberikan dalam dua dosis dengan selang waktu empat minggu. Vaksin yang digunakan adalah produk impor dari Bavarian Nordic, Denmark, dengan merek dagang JYNNEOS®️ dalam kemasan single-dose, dan telah disertifikasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada tanggal 17 Maret 2023.

“Stok vaksin monkeypox kita aman. Saat ini, sebanyak 991 vial vaksin monkeypox sudah didistribusikan ke Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk memenuhi kebutuhan program vaksinasi monkeypox yang akan mulai diberikan Oktober ini,” ujar Maxi dalam keterangan tertulis dikutip Senin (23/10/2023).

 

BACA JUGA:Kasus Cacar Monyet Bertambah di DKI Jakarta, Kepala Dinkes Prov DKI Jakarta : Pakai Masker Saat Beraktitivitas

 

Kasus Monkeypox di Jakarta

Kegiatan vaksinasi ini dikejar karena adanya peningkatan kasus mpox di Jakarta. Data terbaru pada 22 Oktober 2023 menunjukkan adanya tujuh kasus konfirmasi monkeypox selama tahun ini, semuanya terjadi di wilayah DKI Jakarta.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, hingga kini kita dapatkan tujuh kasus konfirmasi Monkeypox di Indonesia di tahun ini. Seluruh kasus konfirmasi ditemukan di wilayah DKI Jakarta,” kata Maxi.

 

Semua kasus ini berasal dari Jakarta dengan rincian sebagai berikut:

  • Satu kasus dari Jatinegara.
  • Satu kasus dari Mampang.
  • Satu kasus dari Kebayoran Lama.
  • Dua kasus dari Setiabudi.
  • Satu kasus dari Petamburan.
  • Satu kasus dari Kembangan.

Sumber: