Kecelakaan Kereta Argo Semeru hingga Gerbong Terguling, Jalur Tak Bisa Dilewati

Kecelakaan Kereta Argo Semeru hingga Gerbong Terguling, Jalur Tak Bisa Dilewati

Kecelakaan Kereta Argo Semeru dan Argo Wilis hingga Gerbong Terguling-Ist-

RADAR JABAR - Kereta Api Argo Semeru mengalami kecelakaan di sekitar Kilometer 520 + 4, daerah Jalan Sentolo, Wates, pada hari Selasa 17 Oktober 2023.

Kecelakaan kereta ini terjadi sekitar pukul 13.15 WIB dan mengakibatkan gerbong kereta terguling dan keluar dari jalurnya di perlintasan.

Akibatnya, dua kereta api, yaitu KA Argo Semeru dan Argo Wilis, terlibat dalam kecelakaan di Sentolo, Kulon Progo.

Meskipun satu dari kedua kereta tersebut telah melakukan pengereman, insiden tabrakan ini tak dapat dihindarkan.

Menurut penjelasan Admin Damkar BPBD Kulon Progo, KA Argo Semeru awalnya mengalami kehilangan keseimbangan dekat Stasiun Sentolo, Surabaya-Jakarta.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan rangkaian kereta keluar dari perlintasan, menghambat dua jalur kereta, dan menyebabkan sejumlah penumpang keluar dari gerbong di sekitar area kereta yang terlibat.

BACA JUGA:Gratis! Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Dicoba untuk Umum Mulai Hari Ini

PT Kereta Api Indonesia juga mengonfirmasi peristiwa ini melalui akun Twitter resmi mereka.

"Selamat siang Kak. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Perjalanan KA Argo Semeru (17) di tanggal 17 Oktober 2023 mengalami anjlok di lintas Sentolo-Wates. Saat ini sedang dalam penanganan unit terkait ya Kak. Railmin mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Trims," tulis KAI melalui akun Twitter @KAI121.

Jalur lokasi kecelakaan pun belum bisa digunakan untuk lintasan kereta api. Akibatnya, kemungkinan jadwal keberangkatan kereta yang melewati jalur tersebut pun tertunda.

“Saat ini terjadi gangguan operasional di jalur hulu dan hilir, KM 520+4 petak jalan Sentolo - Wates di Kab. Kulon Progo, dampak anjlokan KA Argo Semeru rute Surabaya Gubeng - Gambir(KA 17). Jalur tersebut belum dapat dilalui perjalanan KA dan akan berdampak pada keterlambatan KA-KA lain yang melewati jalur tersebut,” lanjut KAI.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi mengenai jumlah korban akibat peristiwa kecelakaan tersebut.

Sumber: