Mitos Atau Fakta? 9 Jenis Tanaman Disukai Oleh Hantu

Mitos Atau Fakta? 9 Jenis Tanaman Disukai Oleh Hantu

Mitos Atau Fakta? 9 Jenis Tanaman Disukai Oleh Hantu-Ilustrasi salah satu tanaman disukai oleh hantu-Freepik/travel-photography

RADAR JABAR - Mitos atau fakta? Berikut ini adalah 9 Jenis tanaman disukai oleh hantu yang ada di Indonesia.

Di Indonesia, mitos dan legenda seputar dunia gaib masih sangat kuat dalam budaya dan tradisi masyarakat. Salah satu kepercayaan yang masih bertahan hingga saat ini adalah bahwa ada tanaman-tanaman tertentu yang disukai oleh hantu dan makhluk halus.

Meskipun tidak memiliki dasar ilmiah yang kuat, kepercayaan ini terus menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dalam artikel membahas mengenai 9 jenis tanaman yang konon disukai oleh hantu dan makhluk halus.

9 tanaman disukai oleh hantu ini ternyata mudah ditemui dan seringkali dipakai dalam keperluan tertentu.

1. Bunga Kantil 

Bunga kantil memiliki kecantikan dan aroma khas, yang dipercaya dapat menarik perhatian makhluk halus. Oleh karena itu, seringkali ditanam di sekitar rumah sebagai tanda keramahan.

Meskipun kepercayaan ini terdengar takjub, bunga kantil sebenarnya banyak digunakan sebagai tanaman hias di kebun dan taman. Tak jarang, bunga ini digunakan juga sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan flu dan batuk.

BACA JUGA:10 Jenis Tanaman Beracun yang Patut Diwaspadai!

2. Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam sering dikaitkan dengan ketenangan dan kehadiran makhluk halus. Karena aromanya yang khas, masyarakat sering menanamnya di dekat jendela agar wanginya dapat memperindah suasana.

Sementara itu, tanaman ini juga sangat populer sebagai sumber minyak wangi. Bunga sedap malam memiliki aroma yang khas dan wangi dari bunga ini hanya akan tecium ketika malam hari.

3. Bunga Melati

Bunga melati adalah tanaman yang memiliki reputasi sebagai bunga yang disukai oleh hantu. Meskipun demikian, melati sering digunakan dalam upacara-upacara keagamaan dan pernikahan sebagai simbol kesucian dan keharmonisan.

4. Bunga Kamboja

Bunga kamboja juga seringkali dihubungkan dengan keberadaan makhluk gaib, terutama dalam konteks upacara adat. Namun, selain itu, kamboja juga dikenal memiliki sifat penyembuhan dalam pengobatan tradisional.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Tanaman Pengusir Jin, Nomor 2 Bisa Ditemukan di Bumbu Dapur?

5. Bunga Kenanga 

Bunga kenanga dianggap sebagai lambang kesakralan dan kesucian, dan sering digunakan dalam upacara keagamaan. Kelembutan aroma kenanga seringkali digunakan untuk memberikan rasa tenang dalam lingkungan.

6. Bunga Mawar Merah

Meskipun mawar merah secara umum dikenal sebagai simbol cinta, dalam konteks mitos, warna merahnya sering kali dikaitkan dengan hantu atau hal-hal gaib. Meskipun begitu, mawar merah tetap populer sebagai hadiah romantis.

7. Bunga Kemuning

Sumber: