Ternyata Ini Loh Ciri-ciri Diabetes dan Cara Pencegahannya yang Banyak Orang Tidak Tau! Cek Disini!

Ternyata Ini Loh Ciri-ciri Diabetes dan Cara Pencegahannya yang Banyak Orang Tidak Tau! Cek Disini!

Ternyata Ini Loh Ciri-ciri Diabetes dan Cara Pencegahannya yang Banyak Orang Tidak Tau! Cek Disini!Ternyata Ini Loh Ciri-ciri Diabetes dan Cara Pencegahannya yang Banyak Orang Tidak Tau! Cek Disini!-ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

Radar Jabar - Diabetes mellitus, atau yang lebih dikenal dengan diabetes, adalah salah satu penyakit yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Diabetes terjadi ketika tubuh tidak dapat memproses glukosa (gula) dengan baik, menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Kondisi ini dapat berdampak serius pada kesehatan seseorang jika tidak dikelola dengan baik.

Namun, diabetes bisa dicegah dan dikelola dengan mengenali ciri-ciri awalnya dan mengadopsi gaya hidup yang sehat. Berikut adalah ciri-ciri orang yang mungkin terkena diabetes dan pencegahannya:

Ciri-Ciri Diabetes

1.Poliuria

Poliuria adalah gejala utama diabetes, yang mengacu pada seringnya buang air kecil. Orang dengan diabetes sering merasa haus dan sering buang air kecil, terutama di malam hari.

2. Polidipsia

Polidipsia adalah kondisi di mana seseorang merasa haus terus-menerus. Kadar gula yang tinggi dalam darah menyebabkan dehidrasi, yang pada gilirannya menyebabkan kehausan yang konstan.

3. Polifagia

Poliuria adalah keadaan makan berlebihan. Orang dengan diabetes sering merasa lapar meskipun telah makan dalam jumlah besar. Ini disebabkan oleh tubuh yang tidak dapat menggunakan glukosa dengan baik sebagai sumber energi.

 

BACA JUGA:5 Jus Buah Alami yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes

 

4. Penurunan Berat Badan

Meskipun seseorang dengan diabetes mungkin makan lebih banyak, mereka bisa mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Kehilangan berat badan terjadi karena tubuh tidak dapat memproses glukosa dengan baik, sehingga mengandalkan cadangan lemak dan otot sebagai sumber energi.

5. Luka yang Sulit Sembuh

Orang dengan diabetes sering mengalami masalah dengan penyembuhan luka. Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf, yang menghambat proses penyembuhan.

6. Infeksi yang Sering

Ketidakmampuan tubuh untuk melawan infeksi adalah ciri umum diabetes. Infeksi seperti infeksi saluran kemih, infeksi kulit, dan infeksi jamur lebih sering terjadi pada penderita diabetes.

7. Penglihatan Kabur

Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah di mata, menyebabkan penglihatan kabur. Ini adalah gejala yang sering terjadi pada diabetes tipe 2.

Pencegahan Diabetes

1.Kendalikan Berat Badan

Obesitas adalah salah satu faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2. Menjaga berat badan yang sehat melalui diet seimbang dan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

2. Makan dengan Bijak

Sumber: