Anti Gagal! Resep Onsen Egg yang Lezat dan Lumer di Mulut

Anti Gagal! Resep Onsen Egg yang Lezat dan Lumer di Mulut

Anti Gagal! Resep Onsen Egg yang Lezat dan Lumer di Mulut -Ilustrasi onsen egg-Pexels/Nadin Sh

RADAR JABAR - Bagi yang ingin mencoba memasak onsen egg, kami akan membagiakn resep onsen egg anti gagal yang bisa anda coba di rumah.

Onsen egg adalah sajian telur rebus yang memiliki tekstur lembut dan lezat. Teknik memasak ini berasal dari Jepang dan sering menjadi sajian pendamping dalam hidangan seperti ramen dan nasi goreng.

Memasak onsen egg mungkin terlihat sederhana, tetapi ada beberapa trik yang perlu diketahui agar anda bisa membuatnya dengan sempurna.

Berikut adalah resep onsen egg yang anti gagal untuk Anda coba di rumah!

Bahan

  • 2 butir telur (suhu ruang)
  • Air mendidih

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Khas Sunda yang Sederhana, Sajikan Rasa Gurih dan Bikin Nagih

Cara membuat

Siapkan Air Panas

Panaskan air dalam panci hingga mencapai suhu mendidih. Pastikan ada cukup air untuk menutupi telur nantinya.

Siapkan Wadah

Sementara air panas mendidih, siapkan wadah yang cukup besar dan dalam seperti mangkuk keramik atau panci kecil.

Tuangkan Air Panas 

Setelah air mencapai suhu mendidih, matikan api. Tuangkan air panas ke dalam wadah yang sudah disiapkan hingga hampir penuh, tetapi tinggalkan sedikit ruang di atas air.

Tambahkan Telur

Letakkan telur dengan hati-hati ke dalam air panas di dalam wadah. Pastikan telur tidak pecah. Anda bisa menggunakan alat penjepit telur untuk menurunkan telur dengan lembut ke dalam air panas.

Tutup Wadah

Tutup wadah dengan penutup atau bungkus dengan plastik wrap. Tujuannya adalah agar suhu air tetap stabil dan telur matang dengan baik.

BACA JUGA:6 Resep Jus Pisang yang Rendah Kalori: Pilihan Sehat untuk Diet yang Maksimal!

Tunggu dan Pantau Suhu

Biarkan telur dalam air panas selama sekitar 13-15 menit. Anda bisa memantau suhu dengan termometer makanan. Pastikan suhu air tetap berada di sekitar 65-70°C (149-158°F).

Angkat dan Sajikan

Setelah telur matang sesuai dengan preferensi Anda, angkat dengan lembut dari air panas. Anda bisa mengecek tekstur telur dengan meraba permukaannya. Untuk onsen egg yang lembut tapi tidak terlalu cair, Anda bisa mematangkan selama 13 menit. Untuk konsistensi yang lebih kental, biarkan selama 15 menit.

Sajikan dengan Saus

Onsen egg biasanya disajikan dengan saus tare atau saus ponzu. Anda juga bisa menambahkan irisan daun bawang atau nori sebagai hiasan.

Sumber: