Yuk Ketahui Perbedaan dan Keunggulan Layar AMOLED dan OLED pada Perangkat Elektronik

Yuk Ketahui Perbedaan dan Keunggulan Layar AMOLED dan OLED pada Perangkat Elektronik

Layar merupakan salah satu elemen penting dalam perangkat elektronik seperti smartphone, televisi, dan perangkat lainnya.--Tangkapan Layar

RADAR JABAR - Layar merupakan salah satu elemen penting dalam perangkat elektronik seperti smartphone, televisi, dan perangkat lainnya.

Dalam perkembangan teknologi, dua jenis layar yang sering digunakan adalah AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dan OLED (Organic Light Emitting Diode).

Kedua teknologi ini memiliki perbedaan mendasar meskipun memiliki akar yang sama dalam teknologi LED organik. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara keduanya.

 

OLED (Organic Light Emitting Diode)

OLED adalah teknologi layar yang menggunakan dioda organik untuk menghasilkan cahaya saat arus listrik mengalir melalui bahan organik di antara dua elektroda.

Setiap pixel pada layar OLED adalah dioda organik yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Hal ini berarti, tidak seperti teknologi lain seperti LED atau LCD, OLED tidak memerlukan lapisan pencahayaan belakang.

Salah satu keunggulan utama dari teknologi OLED adalah kemampuannya menghasilkan warna hitam yang benar-benar pekat karena dioda organik dapat dimatikan secara individu ketika memancarkan warna hitam.

 

BACA JUGA:Tecno Phantom V Flip 5G HP Lipat Canggih Usung Layar AMOLED 7,2 Inci dan Dimensity 8050 5G, Harganya Murah?

 

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode)

AMOLED, singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode, adalah evolusi dari teknologi OLED.

Pada dasarnya, AMOLED adalah OLED yang menggunakan matriks aktif untuk mengontrol setiap pixel secara individu. Matriks aktif ini meningkatkan responsivitas dan presisi warna pada tampilan.

Keunggulan utama dari AMOLED adalah kualitas gambar yang lebih baik, kontras yang tinggi, dan konsumsi daya yang lebih efisien.

Selain itu, AMOLED dapat menyajikan gambar dengan lebih jelas bahkan di bawah sinar matahari terang.

 

Perbedaan Layar OLED dan AMOLED:

Struktur

Sumber: