WA Business Fitur Flows: Bisa Pesan Makanan Bahkan Tiket Kereta! Caranya?
WA Business Fitur Flows Bisa Pesan Makanan Bahkan Tiket Kereta! Caranya-WA Business Fitur Flows-Freepik
RADAR JABAR - Belum lama ini, WhatsApp Business atau yang sering disebut sebagai WA Bisnis, telah menghadirkan fitur terbaru yang dikenal dengan sebutan "Flows".
Fitur ini memberikan pelaku bisnis kemampuan untuk menawarkan berbagai layanan, seperti memilih kursi kereta dengan cepat, memesan makanan, atau membuat janji temu, langsung dari obrolan WhatsApp.
Menurut laporan dari beberapa sumber yang dapat dipercaya, Fitur Flows memungkinkan pelaku bisnis untuk menyediakan berbagai pilihan menu dan formulir yang dapat disesuaikan untuk mendukung beragam kebutuhan.
Sebagai contoh, dalam industri perjalanan, pelaku bisnis dapat menampilkan formulir pemesanan tiket kereta dengan informasi seperti lokasi keberangkatan/tujuan, tanggal berangkat/pulang, dan pilihan kursi.
Sementara itu, bisnis kuliner dapat menampilkan katalog menu yang memungkinkan pengguna untuk memilih menu, menambahkannya ke dalam keranjang belanja, dan mengatur jumlahnya, semuanya dilakukan dalam obrolan WhatsApp.
Perusahaan induk WhatsApp, yaitu Meta, mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan fitur Flows untuk pelaku bisnis di seluruh dunia yang menggunakan Platform WhatsApp Business dalam beberapa minggu ke depan.
Hingga saat ini, fitur WhatsApp Business Flows telah diuji coba oleh beberapa bisnis, termasuk bank Brasil Banco Pan, pengecer MagaLu, Lenovo, layanan perjalanan India redBus, bank SBI berbasis India, dan platform penjualan mobil Spinny.
Selain itu, Meta juga telah mempermudah pengguna di India untuk menyelesaikan transaksi dan melakukan pembayaran langsung melalui WhatsApp. Sayangnya, fitur ini saat ini hanya tersedia eksklusif untuk pengguna di India.
Dengan peluncuran fitur Flows ini, WhatsApp semakin menunjukkan ambisinya untuk menjadi superapp atau aplikasi serba ada. Selain berfungsi sebagai platform pertukaran pesan, WhatsApp kini juga dapat digunakan untuk berbelanja online dan melakukan pembayaran.
Pada tahun sebelumnya, yaitu 2022, WhatsApp telah meluncurkan fitur belanja online di India dengan berkolaborasi bersama JioMart, sebuah platform belanja online yang populer di India.
VP business messaging Meta, Nikila Srinivasan, mengungkapkan bahwa sektor belanja dan e-commerce merupakan salah satu fokus utama WhatsApp.
Sumber:
Berita Terkait
5 bulan
7 bulan