Bahan Dasar Seblak yang Bikin Lezat! Ternyata Ini Manfaat Kencur Bagi Kesehatan, Nomor 5 Jarang Diketahui!

Bahan Dasar Seblak yang Bikin Lezat! Ternyata Ini Manfaat Kencur Bagi Kesehatan, Nomor 5 Jarang Diketahui!

Bahan Dasar Seblak yang Bikin Lezat! Ternyata Ini Manfaat Kencur Bagi Kesehatan, Nomor 5 Jarang Diketahui!--(Sumber Gambar : Pixabay)

Radar Jabar - Kencur adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai bumbu dapur dan bahan jamu di Indonesia. Bumbu dapur ini juga merupakan salah satu bahan dasar dalam membuat seblak yang sangat disukai banyak orang.

Namun, selain memberikan cita rasa istimewa pada masakan, kencur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat kencur bagi kesehatan berdasarkan penelitian dan hasil pencarian:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Kencur mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa diuretik yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Konsumsi kencur juga dapat melancarkan sirkulasi darah.

2. Membasmi Bakteri Penyebab Penyakit

Kencur mengandung senyawa antibakteri yang efektif dalam membunuh bakteri penyebab penyakit. Selain itu, kencur juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Meredakan Nyeri dan Peradangan

Kencur mengandung senyawa antiperadangan dan antinyeri yang dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan pada tubuh. Beberapa orang juga menggunakannya untuk mengurangi gejala asma dan alergi.

 

BACA JUGA:Tidak Hanya Untuk Bumbu Seblak, Inilah 7 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan! Ternyata Banyak Khasiatnya

 

4. Mengurangi Stres

Kencur mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Selain itu, kencur juga dapat meningkatkan kualitas tidur, sehingga membantu Anda merasa lebih rileks.

5. Mencegah Kanker

Senyawa yang terdapat dalam kencur dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi risiko dan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

 

BACA JUGA:Bukan Hanya Jadi Bumbu Seblak, Inilah 10 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

 

6. Meningkatkan Energi

Kencur mengandung senyawa yang dapat meningkatkan energi dan membantu mengatasi kelelahan. Ini dapat membantu Anda tetap bertenaga sepanjang hari.

Sumber: