Fitur Satelit Darurat di iPhone 14 Berhasil Selamatkan Wanita dan Anjingnya dari Banjir Bandang

Fitur Satelit Darurat di iPhone 14 Berhasil Selamatkan Wanita dan Anjingnya dari Banjir Bandang

Fitur SOS di iPhone 14 Berhasil Selamatkan Wanita dari Banjir Bandang-Radar Jabar-

RADAR JABAR - Fitur Darurat Komunikasi Satelit (Emergency SOS) di iPhone 14 series berhasil menunjukan fungsi maksimalnya saat bencana banjir.

Bencana tersebut terjadi di Utah, Amerika Serikat, pada tanggal 24 Agustus 2023, di mana fitur darurat tersebut berhasil menyelamatkan seorang wanita beserta anjingnya yang terjebak dalam banjir bandang.

Pada saat itu, seorang wanita berusia 38 tahun yang tidak ingin disebutkan namanya terjebak di daerah ngarai Mary Jane di Utah, bersama dengan anjing kesayangannya.

Dia mendengar pertanda akan adanya banjir bandang yang mendekat, dan segera merespons dengan cepat. Wanita tersebut dan anjingnya mencari tempat yang lebih tinggi sebagai tempat berlindung ketika mereka mendengar ancaman banjir bandang.

BACA JUGA:iPhone 14 Pro Max vs Samsung S23 Ultra, Mana yang Lebih Baik?

Setelah berhasil mencapai tepian pasir bersama anjingnya, mereka menyadari bahwa genangan air semakin tinggi dan sedang mengikis pasir di sekitarnya.

Akhirnya, dia dan anjingnya terseret oleh banjir bandang sejauh 45-60 meter, dan bahkan sepatu wanita itu pun ikut hilang dalam peristiwa tersebut.

Tepat sebelum mereka terjebak dalam arus, wanita tersebut berhasil mengirimkan sinyal bantuan darurat melalui fitur Komunikasi Satelit (Emergency SOS) yang ada pada iPhone miliknya, tanpa menyebutkan model iPhone 14 yang digunakan.

Pengiriman Pesan Sempat Gagal

Sayangnya, yang muncul sebagai notifikasi adalah pesan yang menyatakan bahwa pesan SOS tidak berhasil dikirim ke layanan darurat, dengan pesan yang berbunyi "Emergency Services: Message Send Failure" (Layanan Darurat: Gagal Mengirimkan Pesan).

Setelah melihat notifikasi ini, wanita tersebut berasumsi bahwa pesan SOS belum berhasil terkirim atau belum tersampaikan. Beruntungnya, mereka masih berhasil mencapai daratan, meskipun tubuh mereka kotor oleh lumpur.

Mengikuti notifikasi tersebut, mereka segera mendaki ke tempat yang lebih tinggi tanpa alas kaki, tetap bersama anjingnya, dan mencari tempat untuk berlindung, sesuai dengan informasi yang ditemukan dari sumber Mobile Syrup.

Ternyata, tim SAR (Search and Rescue) di Grand County Sheriff setempat masih menerima pesan darurat yang telah dikirimkan oleh wanita tersebut melalui iPhone miliknya.

Berdasarkan catatan waktu yang dibagikan oleh tim SAR melalui akun Facebook mereka, sinyal darurat berhasil dideteksi sekitar pukul 19.22 waktu setempat.

Sumber: