Bukan Nokia Lumia, Begini Sensasi Menggunakan Nokia Android Pertama di Tahun 2023

Bukan Nokia Lumia, Begini Sensasi Menggunakan Nokia Android Pertama di Tahun 2023

Sensasi Menggunakan Ponsel Nokia Android Pertama di Tahun 2023, Simak juga Spesifikasi dan Harganya-Istimewa-

RADAR JABAR - Kali ini kami akan membahas sensasi menggunakan ponsel Android pertama dari Nokia, yaitu Nokia X dual SIM. Harganya sekitar Rp600 ribu rupiah saat ini. Ponsel ini berbeda dengan ponsel Nokia Android yang beredar di pasaran saat ini.

Saat membuka kotak kemasannya, terdapat beberapa unit ponselnya. Selanjutnya, terdapat earphone berwarna merah cerah. Kemudian, ada baterai dengan tipe BN01 dan kapasitas 1500 mAh. Selain itu, terdapat charger yang sudah terhubung dengan kabel micro USB, dengan output 5 volt 0,55 ampere.

Nokia X dual SIM ini diluncurkan sekitar tahun 2014, menjadi ponsel Nokia pertama yang menggunakan sistem operasi Android. Selain Nokia X, ada juga Nokia X Plus dan Nokia XL, yang memiliki spesifikasi sedikit lebih tinggi dan layar yang lebih besar.

Desain ponselnya mirip Nokia Lumia yang menggunakan sistem operasi OS Windows. Namun, setelah kita mengaktifkan ponsel Nokia X, terdapat beberapa aplikasi Android yang sedang populer saat itu. Sebagai contoh, ada aplikasi BBM, Facebook, Skype, Line, dan lainnya.

Review Spesifikasi Nokia X Android

Mari kita bahas sensasi menggunakan ponsel sesuai spesifikasi Nokia X sebagai ponsel Android pertama yang diluncurkan Nokia pada 2014.

BACA JUGA:Nokia Lumia Max 2023: Ponsel yang Gak Cuma Canggih, tapi juga Gokil Abis!

Layar dan Fitur Perangkat

Layar Nokia X Android masih berukuran 4 inci. Di atasnya terdapat tulisan "Nokia," earpiece, dan sensor. Di bagian bawahnya, terdapat tombol capacitive back dan microphone.

Di sisi kanan, terdapat tombol pengatur volume dan tombol power. Di sisi bawah, terdapat lubang micro USB. Sementara di sisi kiri, tidak ada apa-apa.

Pada sisi atas, terdapat lubang jack audio. Di bagian belakangnya, terdapat kamera dengan tulisan "Nokia" dan lubang speaker. Dari segi desain, ponsel ini masih mirip dengan Nokia Asha 501 yang pernah saya bahas sebelumnya.

Namun, perbedaannya adalah ponsel ini lebih besar, lebih kotak, lebih berat, dan terlihat lebih modern. Dari segi bahan bodinya, ponsel ini masih menggunakan plastik dengan finishing doff.

Bagian belakangnya bisa dibuka untuk memasang dan mencopot baterai seperti kebanyakan jenis ponsel pada saat itu. Terdapat juga slot untuk micro SIM 1, SIM 2, dan microSD. Ada juga keterangan modelnya, yaitu RM980.

Sistem Operasi

Dari segi tampilan, ponsel ini mungkin tidak terlalu familiar dengan ponsel Android lainnya. Malah, mirip dengan tampilan Metro Style yang ada di OS Windows Phone.

Meskipun menggunakan sistem operasi Android 4.1.2 (Jelly Bean), Nokia X menggunakan Android Open Source Project (AOSP), sehingga memiliki kebebasan lebih besar untuk dimodifikasi dan tidak bergantung pada layanan Google.

Sumber: