Cegah Perubahan Iklim di Indonseia Polri Serukan Penanaman Pohon

Cegah Perubahan Iklim di Indonseia Polri Serukan Penanaman Pohon

Asisteb Kapolri bidang SDM (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo memberikan keterangan kepada wartawan di sela-sela kegiatan penanaman pohon di Sespolwan Ciputat Raya, Jakarta Selatan, Jumat (18/8)--ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

RADAR JABAR - Dalam rangka mencegah perubahan iklim agar lingkungan lebih asri, Polri berkontribusi dalam membangkitkan kembali kegiatan penanaman pohon. Sebanyak 78 ribu pohon yang ditanam serentak oleh para personel Polri mulai dari tingkat Mabes Polri hingga Polda, Polres, serta jajaran seluruh Polri Indonesia yang disampaikan oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

"Kegiatan penghijauan hari ini secara serentak dilaksanakan di seluruh polda sampai tingkat polers dan polsek ini target 1.000 pohon dalma rangka memperingati HUT ke-78 RI dan juga mempersiapkan HUT ke-75 Polwan" ujar Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta pada Jumat (18/8).

Irjen Pol. Dedi Prasetyo menjelaskan mengenai kegiatan penghijauan tersebut merupakan salah satu momentum yang dapat merupakan kontribusi yang dilakukan oleh polri dalam perubahan iklim global. Selain itu, kondisi perubahan iklim saat ini terbilang ekstrim dengan ditandai dengan kekeringan, bahkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Maui, Hawai yang telah menewaskan sebanyak 100 korban.

"Demikian pula di wilayah Indonesia, juga ada sebagian yang mengalami kekeringan dan kebakaran hutam serta lahan" ujarnya.

Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyebutkan bahwa kegiatan penanaman pohon ini akan dilanjutkan pada Rabu (23/8) dalam acara puncak ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) ke-17 yang nantinya diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Nantinya dalam kegiatan tersebut akan direncanakan diikuti oleh beberapa kepala kepolisian ASEAN, serta beberapa kepala kepolisian yang diundang yaitu dari Tiongkok dan Australia.

"Secara simbolis Bapak Kapolri akan memimpin penanaman pohon dengan mengikutsertakan beberapa kepala kepolisian di Pulau Rinca. Di sana akan ditanam pohon juga, ada jenis-jenis pohon yang sudah ditetapkan oleh pengelola kepulauan tersebut" ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan penanaman pohon dalam acara pincak AMMTC ke-17 ini juga memiliki tujuan dalam rangka kegiatan penghijauan keblai serta pelestarian lingkungan oleh Polri. Selain itu Polri nantinya selalu memperbarui informasi kegiatan penanaman yang telah dilakukan oleh setiap polda dari target penanaman sebanyak 1 juta pohon.

"Tiap-tiap polda sudah kami kasih jadwal, kemudian mereka sudah dikasih tau tentang area-area mana yang akan dihijaukan" ujar Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Nantinya juga akan dilakukan video konferensi Kapolri bersama dengan tamu yang diselenggarakan secara serentak pada tanggal 23 Oktober mendatang. Konferensi tersebut akan diadakan di Poleres, Polsek dan Bhabinkamtibmas, serta tamu dapat berdialog dengan para kapolda serta anggota Polri.

Tak hanya anggota Porli saja yang melakukan kegiatan penanaman pohon tersebut. olri juga bersinergi dengan unsur komponens masyarakat lainnya dalam kegiatan penanaman pohon ini.

"Tentunya kami tidak sendiri, dalam hal ini di hari Rabu (23/8), Polri melibatkan semua unsur komponen masyarakat, dari mulai teman-teman dari TNI, pemerintah daerah kemudian dari seluruh komponen bangsa ikut bersama-sama menanam pohon," ujarnya.

Untuk saat ini Irjen Pol. Dedi Prasetuo bersama dengan jajaran Polri tengah melaksanakan penanaman pohon di Sepolwan, Ciputat Pondok Pinang, Jakarta Selatan.*

Sumber: antara