Nasi Goreng Telur Asin Cocok sebagai Menu Sarapan dan Makan Malam, Ini Resepnya! Fix Enak dan Mengenyangkan

Nasi Goreng Telur Asin Cocok sebagai Menu Sarapan dan Makan Malam, Ini Resepnya! Fix Enak dan Mengenyangkan

Nasi Goreng Telur Asin Cocok sebagai Menu Sarapan dan Makan Malam, Ini Resepnya! Fix Enak dan Mengenyangkan-Ilustrasi resep nasi goreng telur asin-Tangkapan layar kanal YouTube Devina Hermawan

Radar Jabar – Nasi goreng termasuk salah satu pilihan menu favorit banyak orang yang dianggap paling cocok disantap ketika sarapan mau pun makan malam. Kalau kalian ingin menu nasi goreng yang beda, resep nasi goreng telur asin ini patut dicoba karena rasanya sangatlah lezat.

 

Telur asin sebagai toping atau saus tambahan pada makanan telah menjadi tren di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Banyak hidangan yang cocok dicampur dengan saus telur seperti ayam goreng tepung, hingga beragam aneka seafood.

 

Namun selain itu, ternyata nasi goreng juga adalah menu lainnya yang pas dipadukan dengan telur asin. Nasi goreng telur asin atau dikenal pula dengan nama nasi goreng mentega telur asin, menawarkan cita rasa unik dan enak.

 

Banyak orang menyukai nasi goreng mentega telur asin karena menyajikan kombinasi antara pedasnya nasi goreng dengan rasa gurih dan amis dari telur asin. Pencinta makanan bercitarasa asin menilai nasi goreng telur asin sangat tepat sebagai menu sarapan dan makan malam.

 

BACA JUGA:Kuliner Tradisional Cimahi: Denjapi, Nasi Rasi, Keripik Daun Singkong, dan Kelezatan Tahu Jegur

 

Untuk yang ingin mencobanya, inilah resep nasi goreng telur asin yang enak sekaligus bikin kenyang seperti dikutip dari WartaPontianak.com.

 

Resep nasi goreng telur asin untuk sarapan dan makan malam

 

Bahan-bahan nasi goreng telur asin:

- Nasi putih (dua piring)

- Telur ayam (dua butir)

- Telur asin (dua butir)

- Bawang putih (tiga siung) cincang halus

- Daun bawang (dua batang) iris tipis

- Cabai merah besar, (satu buah), iris tipis (optional)

- Kecap manis (dua sdm)

- Kecap asin (satu sdm)

- Saus tiram (satu sdt)

- Garam (satu sdt)

- Merica bubuk (1/2 sdt)

- Minyak goreng secukupnya

 

Cara membuat nasi goreng telur asin:

1. Langkah pertama adalah terlebih dahulu mengukus nasi putih sampai matang. Begitu matang, diamkan sesaat hingga suhu nasi menjadi agak dingin supaya untuk mengolahnya menjadi nasi goreng jadi lebih mudah.

 

2. Siapkan wajan atau penggorengan, kemudian panaskan minyak goreng secukupnya.

 

3. Lanjut tumis bawang putih sampai harum, masukkan cabai merah besar dan daun bawang. Aduk merata hingga cabai dan daun bawangnya layu.

 

4. Setelah itu, pecahkan telur ayam ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu tumis yang sudah ada. Tunggu hingga kematangan telur di tingkat setengah matang.

 

5. Tuangkan nasi putih ke dalam wajan, lalu aduk rata dengan telur dan bumbu. Setelahnya, tambahkan kecap manis, kecap asin, saus tiram, garam, serta merica bubuk. Aduk rat supaya bumbu merata di seluruh nasi.

 

6. Lalu pecahkan telur asin ke dalam nasi, aduk lagi hingga seluruh bahan tercampur dengan baik. Pastikan bumbu nasi gorengnya tidak berlebihan supaya tidak terlalu asin.

 

BACA JUGA:Resep Lumpia Ayam yang Enak dan Menyehatkan, Jadi Makanan Favorite Keluarga

 

7. Langkah pamungkas, masak nasi goreng telur asin hingga matang serta merata. Pastikan telur asin dan bumbu-bumbu dapat meresap ke dalam nasi. Bisa juga ditambahkan sedikit mentega saat memasak jika ingin nasi goreng kalian beraroma lebih sedap.

 

8. Angkat nasi goreng telur asin dari wajan dan hidangkan di atas piring saji untuk kalian santap. Sebagai pelengkapnya, boleh juga kalian menambahkan acara tau kerupuk.

 

Itulah artikel seputar nasi goreng telur asin termasuk resep nasi goreng telur asin yang lezat dan mengenyangkan. Saat sedang bosan sarapan yang itu-itu saja atau ingin variasi nasi goreng yang berbeda, nasi goreng telur asin adalah pilihan tepat.

Sumber: