9 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan dan Nutrisi yang Terkandung

9 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan dan Nutrisi yang Terkandung

Manfaat Durian untuk kesehatan dan kandung nutrisi di dalamnya-Unsplash/Jim Teo-

RADAR JABAR - Buah yang identik dengan duri dan aroma khas ini tidak hanya enak untuk disantap tetapi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Di balik aroma khasnya, durian menyimpan beragam nutrisi penting bagi kesehatan.

Durian adalah buah tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam, menyerupai duri.

Durian juga kaya akan vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalium, kalsium, dan fosfor yang berguna untuk perkembangan sel-sel tubuh.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Seksual, Buat Ranjang Makin Panas!

Bahkan manfaat buah durian bagi kesehatan akan semakin baik jika disantap langsung tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Bagi kamu pecinta buah dengan bau khas ini pasti senang jika mendapatkan informasi menarik tentang manfaatnya.

9 manfaat buah durian Bagi Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh dengan semua nutrisi yang terkandung di dalamnya:

1. Anti Depresi

Durian mengandung vitamin B6 yang penting untuk produksi serotonin, hormon yang berperan dalam memberi perasaan nyaman dan senang. Tryptophan dan asam amino dalam durian membantu tidur alami dan metabolisme hormon melatonin serta serotonin, menjadikannya baik untuk mengatasi depresi.

2. Sumber Energi

Dalam 100 gram durian terkandung sekitar 28% kebutuhan karbohidrat harian. Kandungan karbohidrat yang cukup membuatnya mampu meningkatkan energi. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi untuk olahraga dan aktivitas sehari-hari, mengurangi kelelahan dan keletihan.

BACA JUGA:7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Perawatan Kulit Agar Makin Cerah

3. Mencegah Penuaan Dini

Durian mengandung Vitamin C sebagai antioksidan yang membantu melawan stres oksidatif akibat radikal bebas. Dengan mengurangi stres oksidatif, proses penuaan dapat melambat. Kandungan air yang tinggi dalam durian juga membantu menjaga hidrasi kulit dan mengurangi garis halus.

4. Baik untuk Tulang

Durian mengandung kalsium, kalium, fosfor, dan vitamin B yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi. Kalsium penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. Kalium berperan dalam mengatur distribusi dan pengendapan kalsium dalam tulang, mencegah kelarutan berlebihan dalam darah.

5. Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat makanan yang tinggi dalam durian mendukung fungsi normal sistem pencernaan. Serat digunakan oleh sel-sel usus besar sebagai bahan bakar, menjaga kesehatannya. Serat juga merangsang peristaltik usus dan sekresi cairan pencernaan serta lambung, memfasilitasi seluruh proses pencernaan.

6. Menstabilkan Gula Darah

Durian memiliki indeks glikemik rendah, sekitar 55. Indeks glikemik yang rendah berarti dampak makanan terhadap gula darah lebih sedikit. Kandungan mangan dalam durian membantu mengatur kadar gula darah. Nutrisi dalam durian mencegah penyerapan glukosa berlebihan dan merangsang pelepasan insulin. Namun, perlu diingat bahwa manfaat ini hanya berlaku dengan konsumsi yang wajar.

7. Mencegah Anemia

Anemia ditandai dengan rendahnya tingkat hemoglobin dalam darah. Durian mengandung mineral seperti asam folat yang penting dalam produksi sel darah merah. Kandungan folat ini juga bermanfaat bagi wanita hamil karena mendukung pertumbuhan jaringan secara teratur serta melindungi perkembangan otak dan tulang belakang bayi.

8. Mencegah Penyakit Jantung

Sumber: