5 Fakta Menarik Gear 5 Luffy yang Jarang Diketahui, Kalian Tahu?

5 Fakta Menarik Gear 5 Luffy yang Jarang Diketahui, Kalian Tahu?

5 Fakta Menarik Gear 5 Luffy yang Jarang Diketahui, Kalian Tahu?-Aksi Gear 5 Luffy-TwitterX @xiiithegod

Radar Jabar – Debut Monkey D. Luffy dengan Gear 5 miliknya di versi anime One Piecea segera hadir pada episode 1071, Minggu (6/8). Berikut ada lima fakta menarik Gear 5 Luffy yang jarang diketahui, apakah kalian mengetahuinya?

 

Para Nakama sedang deg-deg ser menunggu aksi Luffy Gear 5 perdana dalam anime One Piece setelah pertama kali diperlihatkan di versi manga-nya pada Chapter 1044. Awakening Gomu Gomu no Mi tersebut bisa memperkuat tubuh karet sang kapten Bajak Laut Mugiwara serta memanipulasi lingkungan di sekitarnya.

 

Mode Gear 5 sekaligus menjadi aset terkuat Luffy di serial One Piece. Hal tersebut bukan tanpa sebab, mengingat kemampuan Gear 5 digadang-gadang ampuh untuk menumbangkan King of the Beast: Kaido.

 

BACA JUGA:5 Transformasi di Anime yang Lebih Hype Daripada Gear 5 Luffy One Piece, Ada Final Getsuga Tenshou Ichigo

 

Nah sebelum menyaksikan kekuatan transformasi itu, mari kita membahas lebih dahulu lima fakta menarik Gear 5 Luffy sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Sudah disinggung di SBS 98

Kreator One Piece, Eiichiro Oda, sempat menyinggung soal eksistensi Gear 5 Luffy di SBS Volume 98 saat mendapatkan pertanyaan dari penggemar apakah Luffy akan punya Gear 5 atau tidak.

 

Kala itu mungkin belum banyak penggemar percaya sang putra Monkey D. Dragon akan memeroleh kekuatan lebih dahsyat dari Gear 4. Tapi Oda menjawab pertanyaan itu dengan mengaitkannya pada kondisi teknologi dunia saat ini.

 

“Musuh yang harus dikalahkan sekarang adalah manusia terkuat di dunia, dunia juga sedang bertransisi dari 4G ke 5G, “G” berarti “Gear”, bukan,” kata Oda, dikutip dari RevivaL TV.

 

Oda baru benar-benar mengonfirmasi Gear 5 di lima volume selanjutnya melalui SBS 103.

 

BACA JUGA:One Piece Luffy Gear 5: Ada Peran Penting Nami Dalam Transformasi Gear 5 Luffy, Seperti Apa?

 

2. Terinspirasi dari efek kartun

Eiichiro Oda mulai sedikit-sedikir mengungkapkan sejumlah faktu baru seputar Gear 5 setelah diceritakan Luffy mencapai kekuatan terhebat di One Piece ini dalam duel pamungkasnya melawan Kaidou.

 

Oda dalam transkrip wawancaranya di Weekly Shonen Jump 2022 #34 menyatakan sumber inspirasinya dalam membuat Gear 5 ialah gaya animasi ‘rubber hose’ (umumnya digunakan kartun lawas). Lebih spesifik, ia mengaku ingin pertarungan Luffy dan Kaidou sekocak Tom and Jerry. Luffy akan digambarkan mewakili unsur humornya, sementara Kaidou menggambarkan keseriusan yang menakutkan.

 

3. Memiliki jurus yang familiar

Mungkin banyak Nakama beranggapan fungsi utama Gear 5 adalah memungkinkan Mokey D. Luffy melepaskan teknik-teknik baru yang belum pernah ada di One Piece. Contohnya mengubah kekuatan musuh dan lingkungan di sekitarnya menjadi karet dan bisa dimanfaatkannya.

 

Fakta tersebut nyatanya tak sepenuhnya benar karena wujud membesar Luffy pernah ada sebelum menjadi raksasa dengan Gear 5. Dia pernah membesar pada episode filler anime One Piece Arc Z’s Ambition, sehingga akan lebih pas apabila teknik-teknik anyar Gear 5 adalah variasi teknik-teknik lamanya, tentu dengan sentuhan humor khasnya.

 

BACA JUGA:7 Karakter One Piece Paling Kuat, Nomor 2 Gak Nyangka Banget!

 

4. Debut lebih dahulu di Film Red

Cerita canon-nya memang akan dirilis pada 6 Agustus 2023, namun penampilan debut anime Luffy dengan kekuatan Sun God Nika sudah terjadi di film One Piece Film: Red (2022). Luffy Gear 5 tampil sekilas selama beberapa detik dalam duel klimaks di film Red.

 

Momen saat itu menimbulkan kebingungan di kalangan penonton yang tidak membaca manga-nya dengan tampilan berbeda dari karakter utama One Piece tersebut. Melansir dari Greenscene, alasan para animatornya menampilkan sekilas modenya murni lantaran ingin merayakan debut Gear 5 di manga-nya.

 

5. Gear pertama di Bounty Luffy

Fakta menarik terakhir Gear 5 Luffy adalah menjadi Gear pertamanya yang terpampang di poster bounty miliknya. Ini berawal saat Morgans merasa awakening kapten topi Jerami itu terlalu rumit, jadi langsung mencetak foto Gear 5 pemberian Guernica tanpa izin terlebih dahulu kepada Pemerintah Dunia.

 

Kelima Elder yang kecewa akan keputusan itu menyebut pengungkapan awakening Monkey D. Luffy kepada dunia sangatlah mengancam. Tetapi lantaran posternya telah tersebar dengan nilai buronan Luffy yang hingga 3 miliar berry, Pemerintah Dunia cuma bisa mencoba mengantisipasi setiap dampaknya.

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: