3 Makanan yang Harus Dihindari Orang Gangguan Kecemasan

3 Makanan yang Harus Dihindari Orang Gangguan Kecemasan

3 makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang mengidap gangguan kecemasan-Unsplash/Joice Kelly-

RADAR JABAR - Dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas makanan dan minuman yang harus dihindari oleh orang dengan gangguan kecemasan.

Mengutip dari kanal Youtube Andi Psikomatik, orang yang mengidap gangguan kecemasan atau anxiety disorder sebaiknya membatasi konsumsi atau bahkan sama sekali menghindari makanan ini.

Sebenarnya, bukan berarti tidak boleh sama sekali, tetapi melihat mekanisme dari makanan ini yang dapat memperburuk gejala kecemasan, maka disarankan untuk memang tidak mengonsumsinya.

3 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Orang Gangguan Kecemasan

Berikut adalah 3 makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang mengidap gangguan kecemasan:

1. Minum Kopi

Gangguan kecemasan akan bertambah parah jika mengonsumsi kafein, zat yang terdapat pada kopi. Kafein memiliki efek meningkatkan kewaspadaan atau alertness. Salah satu dampak dari mengonsumsi kopi adalah kita menjadi lebih aware, lebih sadar, dan tidak mengantuk.

BACA JUGA:Anxiety Disorder: Bahaya yang Lebih Mengerikan dari Depresi

Intinya, kopi dapat meningkatkan denyut jantung dan adrenalin kita menjadi lebih dominan. Selain itu, kopi juga meningkatkan kortisol.

Sebenarnya, kortisol secara alami akan keluar di pagi hari, membantu kita bangun dari tidur, dan diharapkan kita mengonsumsi kopi untuk meningkatkan kortisol agar kita lebih aware dan sadar.

Namun, harus ingat bahwa jika kita mengonsumsi kopi terlalu tinggi, hal ini dapat menyebabkan masalah bagi orang yang mengalami gangguan kecemasan.

Kewaspadaan yang terlalu tinggi dan adrenalin yang berlebihan tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan rasa cemas dan panik. Juga, kortisol yang terlalu tinggi tidak baik karena bisa menyebabkan ketegangan.

Oleh karena itu, bagi mereka yang masih dalam proses pengobatan, tidak menyarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein tinggi, terutama kopi. Jika ingin minum kopi, sebaiknya kurangi jumlah konsumsi kafein, jangan terlalu banyak sekaligus.

Biasanya, kandungan kafein dalam satu cangkir kopi sekitar 100cc atau 150cc dan mengandung sekitar 12-15 gram kafein. Toleransi kafein setiap individu bisa berbeda-beda, namun secara umum, sekitar 75 gram kafein dalam sehari dianggap aman.

BACA JUGA:5 Masalah Kesehatan yang Sering Menyerang Wanita, Deteksi sejak Dini!

Sumber: