Atdikbud KBRI Tokyo Tinjau Kerja Sama di Bidang Pendidikan Musik

Atdikbud KBRI Tokyo Tinjau Kerja Sama di Bidang Pendidikan Musik

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo Yusli Wardiatno (baju batik) berfoto bersama staf dan pengajar Tokyo College of Music (TCM) di Kanda, Tokyo, Jumat (28/7)--ANTARA/HO-KBRI Tokyo

RADAR JABAR - Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo meninjau kerja sama dalam bidang pendidikan musik. Selain itu Atdikbud KBRI Tokyo juga mengenalkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kepada institusi pendidikan di Jepang.

Dalam kunjungan Yusli Wardiatno ke Tokyo College of Music (TCM), yang merupakan perguran tinggi tertua serta terkemuka dalam bidang musik di Jepang, ia menyampaikan bahwa sosialisasi ini penting. Diketahui jug bahwa TCM didirikan sebagai Tokyo Conservatory of Music pada wilayah Kanda, Tokyo pada Jumat (28/7).

“Kebijakan MBKM merupakan sebuah terobosan yang mesti disosialisasikan pada berbagai institusi pendidikan di Jepang yang berpotensi menjadi mitra dalam kerja sama akademik dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia" ujar Yusli Wardiatno selaku Atdikbud KBRI Tokyo, Minggu (30/7).

Menurutnya sosialisasi tersebut penting, karena untuk meningkatkan pemahaman tentang kebijakan MBKM. Hal tersebut diharapkan agar berbagai aktivitas akademik mendukung MBKM dapat meningkat, seperti pertukaran mahasiswa dan staf pengajar, kerja sama riset, penyelenggaraan seminar bersama dan lainnya.

TCM telah menyambut baik mengenai kebijakan tersebut. Kebijakan tersebut memberikan mahasiswa kesempatan untuk memiliki kendali yang besar atas pendidikan yang diterima, serta memberikan fleksibilitas untuk menentukan jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Selain itu, TCM sangat terkesan dnegan inisiatif yang diberikan, serta berminat untuk menjadi mitra Kemdikbutristek pada Program Indonesia Internation Student Mobility Awards (IISMA). Program tersebut memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri, yang salah satunya di Jepang.

Dalam kesempatan yang sama, TCM menyatakan mintanya untuk membuka prorgam pendidikan musik atau kampus di Indonesia. Hal ini akan memberikan kesempatan untuk para mahasiswa Indonesia yang memiliki minat pada bidang musik untuk mendapatkan pendidiakn berkualitas yang berasal dari salah satu universitas terbaik di Jepang.

“Kami ingin lebih menguatkan hubungan kerja sama pendidikan dengan pihak Indonesia. Informasi peluang membuka kampus di Indonesia sangat memikat dan akan kami pikirkan matang-matang. Kami juga sangat tertarik menjadi mitra Kemdikbudristek dalam program IISMA.” ujar Atsuko Okada, selaku Wakil Rektor TCM.

Diharapkan kunjungan kerja tersebut dapat menjadi landasan kuat untuk menjalin kerjasama antar Indonesia dan Jepang dalam bidang pendidikan musik. Selain itu, Wakil Rektor TCM juga menyambut Atdikbud, Yukiko Ishii selaku Direktur Pelaksana Bidang Internasional, Kiyomi Muro selaku staf Departemen Hubungan Kemasyarakatan  dan Profesor yang ditunjuk khusus Yutaka Hokura.

Sumber: antara