Ridwan Kamil Ajak Eksplorasi Keindahan Wisata Curug di Jawa Barat

Ridwan Kamil Ajak Eksplorasi Keindahan Wisata Curug di Jawa Barat

Ridwan Kamil tengah mengeksplorasi keindahan Curug Cikondang (Tangkapan Layar)-@ridwankamil-Instagram

RADAR JABAR - Ridwan Kamil tengah mengunjungi Curug Cikondang yang memiliki medan yang ekstrem. Curug Cikondang sendiri memiliki ketinggian sekitar 35 meter yang berlokasi di Kabupaten Cianjur.

"Berani turun dari tebing air terjung, saya sudah mencobanya di Curug Cikondang Cianjur bersama cora ropejump. Luar biasa, sekali seumur hidup mah harus" ujar Ridwan Kamil di Bandung pada Minggu (23/7)

Gubernur Jawa Barat itu mengataka bawa terdapat sekitar 400 wisata curug ataupun air terjun yang terdapat di Jawa Barat. Salah satunya adalah Curug Cikondang sendiri yang memiliki keindahan alam yang memukau, serta memiki beberapa air terjun kecil.

"Mari eksplorasi keindahan alam Pasundan ini. Jangan selalu pergi ke tempat yang begitu-begitu aja. Mumpung sehat dan sempat" kata Ridwan Kami

Selain Curug Cikondang yang berada di Kabupaten Cianjur, di Jawa Barat juga terdapat beberapa destinasi wisata air terjun yang cukup populer. Salah satunya curug yang berda di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat yang bernama Curug Malela.

Curug yang terdapat di Kabupaten Bandung Barat ini memiliki disebut-sebut sebagai Niagara dari Bandung. Memiliki ketinggian sebesar 60 meter dengan lebar mencapai 55 meter.

Selain itu, terdapat beberapa wisata Curug di Kabupaten Bandung Barat lainnya, yaitu Curug Katumbiri, Curug Manglid, Curug Mengul, Curug Sumpel, Curug Palisir, dan Curug Pameungpeuk. Wisata tersebut memiliki jarak yang dari Gedung Sate, Kota Bandung dengan jarak sebesar 69 kilometer.

Tidak hanya di Cianjur, ada juga Curug Cikaso yang berlokasi di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Curug ini merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasan wisata Geopark Ciletuh, serta untuk memasuki wisata tersebut, wisatawan bisa memakai perahu serta menempuh perjalanan sekitar 1 kilometer dengan menyelusuri sungai, ataupun dengan berjalan kaki.

Di Cimahi juga memiliki wisata Curug Pelangi yang populer. Curug yang memiliki ketinggian sebesar 80 meter itu airnya sendiri berasal dari Situ Lembang.

Untuk mengakses curug tersebut, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum, ataupun jika ke Lembang bisa menggunakan angkot dengan juruan Lembang-Cisarua. Meskipun disebut sebagai wisata Cimahi, naum secara administratif Curug Pelangi memiliki lokasi di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Terakhir ada Curug Citambur yang berlokasi di Cianjur Selatan. Wisata curug tersebut yang bernama "Citambur" memiliki hubungan dengan tokoh legenda setempat, yakni Prabu Tanjung Sanghyang Anginan.

Diketahui bahwa tokoh legenda tersebut kerap mengunjungi tempat tersebut untuk melakukan semedi serta bersuci. Kedatangan dari tokoh tersebut biasanya diikuti oleh pengikutnya yang memainkan alat musik tambur ataupun dogdog, yang bunyinya dapat terdengar hingga pelosok desa.*

Sumber: antara