Tito Karnavian Ingatakan Agar Pemilu 2024 Berjalan Damai dan Tanggung Jawab Bersama

Tito Karnavian Ingatakan Agar Pemilu 2024 Berjalan Damai dan Tanggung Jawab Bersama

Muhammad Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri dalam acara Senandung Pemilu Damain yang digelar oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di Jakarta pada Selasa (18/7).--ANTARA/HO-Puspen Kemendagri

RADAR JABAR - Muhammad Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah mengingatkan agar Pemilu 2024 berjalan dengan damai. Ia juga menyebutkan bahwa kedamaian Pemilu merupakan tanggung jawab seluruh pihak.

Tito telah membagi seluruh pihak ke dalam lima elemen yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pemilu. Lima elemen tersebut yaitu penyelenggara pemilu, peserta pemilu, media, masyarakat dan tokoh masyarakat, serta aparat keamanan.

"Ada sejumlah elemen yang simultan bergerak sama-sama bertanggung jawab menghadirkan Pemilu 2023 yang damai. Satu adalah penelenggara pemilu, yaitu KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan jajaran, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) dan jajaran, termasuk Pemerintah juga mendukung anggaran dan lain-lain" ujarnya, ketika tengah menhgjadiri acara Senandung Pemilu di Jakarta pada Selasa (18/7).

Tito juga mengingatkan mengenai peserta pemilu yang merupakan elemen kedua dalam penyelenggaraan pemilu, bahwa para peserta pemilu harus siap kalah ataupun menang. Untuk media sendiri yang merupakan elemen ketiga dalam penyelenggaraan pemilu memiliki peran untuk memengaruhi publik agar pemilu berjalan dengan damai.

Berikutnya, untuk elemen keempat yaitu masyarakat dan tokoh masyarakat ia menyampaikan mengenai partisipasi yang tinggi pada Pemilu 2024, serta akan menentukan legitimasi yang kuat dari masyarakat. Selanjutnya, mengenai elemen kelima, yakni aparat keamanan untuk menjaga situasi keamanan agar pemilu tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) menyampaikan bahwa pesta demorkasi juga miliki seluruh rakyat Indoneisa, bukan hanya milik pemerintah. Karena hal tersebut acara Senandung Pemilu Damai untuk mendorong tekad seluruh pihak untuk mewujudkan pelaksanaan pemili damai dalam lingkup peran mereka masing-masing.

"Ini penting dan kedamainan bersumber dari kita" ujar Mahfud.*

Sumber: