Sekolah Terbuka Untuk Siswa yang Tidak Lolos PPDB Jabar 2023, Begini Cara Ceknya

Sekolah Terbuka Untuk Siswa yang Tidak Lolos PPDB Jabar 2023, Begini Cara Ceknya

Sekolah Terbuka Untuk Siswa yang Tidak Lolos PPDB Jabar 2023, Begini Cara Cek Hasil Seleksi PPDB Tahap 2 di Jabar-Unsplash/Fajar H-

BANDUNG - Dinas Pendidikan Jawa Barat berencana meluncurkan sekolah terbuka sebagai upaya untuk menerima siswa-siswa yang tidak diterima di sekolah negeri selama proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diumumkan pada Senin, 10 Juli 2023.

Sekolah terbuka merupakan inisiatif Dinas Pendidikan (Disdik) dalam mengakomodasi siswa-siswi yang tidak berhasil masuk ke sekolah negeri. Program ini ditujukan terutama bagi siswa-siswi dengan latar belakang ekonomi yang lemah dan tinggal di daerah yang jauh dari pusat kota.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Yesa Sarwedi mengungkapkan bahwa pihak Disdik telah merencanakan program sekolah terbuka. Program ini direncanakan akan dimulai pada bulan Agustus 2023, meskipun tanggal pastinya belum diputuskan.

''Program sekolah terbuka digulirkan Disdik Jabar untuk menampung para siswa dengan ekonomi lemah dan berada di kawasan terpencil dan susah terjangkau akses kendaraan umum ujar yesa'' saat di wawancarai di ruang kerjanya, Rabu (12/7).

BACA JUGA:Mindset Sekolah Favorit Jadi Kendala Terciptanya PPDB Sehat

Orangtua siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tidak perlu khawatir mengenai sekolah terbuka ini karena selain gratis, sistem Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) juga dapat disesuaikan dengan lokasi geografis tempat siswa belajar.

Dengan adanya sekolah terbuka ini, diharapkan akses pendidikan bagi siswa usia sekolah tetap terjaga meskipun mereka menghadapi kendala biaya yang minim dan tinggal di daerah terpencil.

Rencananya, sekolah terbuka akan didirikan di daerah yang sulit dijangkau oleh transportasi dan memiliki jumlah penduduk miskin yang memiliki jumlah siswa sekolah yang tinggi.

Jika tidak diterima di sekolah negeri saat PPDB Jabar, satu alternatif yang disarankan adalah mencari sekolah swasta yang berlokasi di dekat rumah siswa.

Tujuannya adalah untuk pemerataan akses pendidikan bagi siswa di sekitar wilayah tersebut. Dinas Pendidikan Jabar berharap bahwa jika siswa tidak berhasil lolos dalam PPDB Jabar, mereka masih dapat diterima di sekolah swasta.

Hal ini disebabkan oleh jumlah yang cukup banyaknya sekolah swasta. Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Jabar, saat ini terdapat 4.000 sekolah swasta dan 851 sekolah negeri di Jabar, sehingga sekolah swasta benar-benar merupakan alternatif yang tersedia.

Namun, jika semua sekolah negeri dan swasta sudah penuh, sebenarnya semua siswa di wilayah tersebut dapat ditampung secara keseluruhan.

Untuk mengetahui informasi mengenai hasil seleksi PPDB Jabar, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Cek Hasil PPDB Jabar 2023

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memeriksa hasil seleksi PPDB Jabar 2023:

  1. Kunjungi situs resmi PPDB Jabar di ppdb.jabarprov.go.id.
  2. Klik opsi "Wilayah PPDB".
  3. Pilih halaman Cabang Dinas Pendidikan Wilayah (Cadisdik) yang sesuai dengan wilayah pendaftaran sekolah yang ingin dituju.
  4. Pilih menu "Hasil Seleksi" yang terletak di bagian bawah halaman.
  5. Pilih jenjang SMA, SMK, atau SLB, lalu pilih kota dan jenis sekolah yang diinginkan, atau Anda bisa langsung mengetik nama sekolah.
  6. Masukkan nomor pendaftaran calon siswa untuk mencari nama pendaftar.
  7. Periksa hasil seleksi PPDB Jabar 2023.

Sumber: