Tol Getaci Mulai Memasuki Tahap Persiapan Lelang Ruas Gedebage-Ciamis

Tol Getaci Mulai Memasuki Tahap Persiapan Lelang Ruas Gedebage-Ciamis

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam peresmian Tol Cisumdawu- ANTARA/Aji Cakti-Antara Foto

RADAR JABAR - Saat ini proyek Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) sudah memasuki tahap persiapan lelang ruas. Sebagai tahap awal proyek Jalan Tol Getaci, lelang ruas ini meliputi Gedebage hingga kawasan Ciamis.

Menteri PUPR Basuki dalam peresmian Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cigendel, Sumedang pada Selasa (11/7), menyebutkan bahwa proyek Jalan Tol Getaci telah memasuki tahap lelang ruas.

"Sekarang, sedang persiapan untuk lelalng sampai dengan Ciamis, Jawa Barat" katanya

Menurutnya, jumlah seksi tol yang tengah dipersiapkan untuk lelang sekitar tiga, mulai dari Gedebage sampai Ciamis. Ada kemungkinan bahwa lelang proyek Jalan Tol Getaci akan mulai dilaksanakan pada akhir 2023.

BACA JUGA:Cisumdawu Siap Diresmikan, Bandung-Cirebon Hanya Perlu Tempuh Jarak 2 Jam, Berikut Harga Tarif Tolnya

Tujuan dari pembangunan Tol Getaci untuk memperlancar konektivitas, serta meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pada wilayah Jawa Barat bagian Selatan. Hal ini dikarenakan kepadatan lalu lintas di daerah Jawa Barat bagian selatan yang konektivitasnya telah menurun, dengan contoh jarak tempuh Tasikmalaya ke Bandung memiliki jarak sejauh 100 km dengan waktu selama tiga jam.

Basuki juga mengatakan bahwa kebutihan jalan tol di wilayah Jawa Barat bagian selatan merupakan suatu keharusan. Hal tersebut dikarenakan wilayah tersebut memiliki konektivitas yang kurang memadai, meskipun terdapat banyak pusat pertumbuhan.

BACA JUGA:Komitmen Ridwan Kamil Perpanjang Sister Province Jawa Barat dengan Guangxi Zhuang, Tiongkok

Tol Getaci sendiri masuk kedalam proyek stategis nasional yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Nantinya tol tersebut akan melintasi dua Provinsi Jawa Barat sepanjang 171,40 km dan Jawa Tengah sepanjang 35,25 km dengan total panjang sebesar 206,66 km, yang diklaim merupakan tol terpanjang di Indonesia.

Direncakanan tol tersebut memiliki empat seksi, yaitu Seksi 1 Juction Gedebage-Garut Utara, Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya, Seksi 3 Tasikmalaya-Patiuman, dan Seksi 4 Patimuan-Cilacap. Seksi tol tersebut masing-masing memiliki panjang sebesar 45,20 km pada Seksi 1, 50,32 km pada Seksi 2, 76,78 km pada Seksi 3 dan 34,35 km pada Seksi 4.*

Sumber: