4 Daftar Hewan yang Dilindungi di Indonesia, Perlu Dijaga dan Dilestarikan!

4 Daftar Hewan yang Dilindungi di Indonesia, Perlu Dijaga dan Dilestarikan!

4 Daftar Hewan yang Dilindungi di Indonesia, Perlu Dijaga dan Dilestarikan! --(Sumber Gambar : Pixabay/kikatani)

RADAR JABAR - Indonesia sangat terkenal dengan keanekaragaman flora dan fauna nya, beberapa hewan unik dimiliki oleh Indonesia dan tak dimiliki oleh negara lain. Namun, sayang beberapa hewan terancam punah karena beberapa faktor dari mulai ulah manusia sampai rusaknya habibat mereka di alam bebas.

Untuk mencegah kepunahan, pemerintah Indonesia pun melakukan berbagai cara agar hewan khas ini tidak punah dan dapat terus dilestarikan.

Salah satunya membuat peraturan tentang perlindungan satwa yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990. Untuk menjawab rasa penasaran, yuk simak apa saja hewan yang dilindungi di Indonesia:

1.Burung Cendrawasih

Pertama, ada Burung Cendrawasih yang masuk kedalam hewan yang dilindungi di Indonesia. Hewan yang satu ini, merupakan maskot dari ujung nusantara yakni Papua. Keberadaan burung Cendrawasih cukup sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, Burung yang dijuluki Birds of Paradise ini terancam punah.

Dikarenakan, hanya terdapat 41 spesies, dan 38 spesies hanya tersebar di wilayah Papua Barat, maka daripada itu Burung Cendrawasih terkenal sebagai hewan khas Papua.

Yang memiliki keindahan yang begitu menakjubkan, warna dari hewan langka ini begitu cantik dan mempesona. Wajar kalau burung ini memiliki julukan Bird of Paradise, yang artinya burung dari surga. Wah, keren banget ya Indonesia, memiliki jenis burung yang sangat indah dan cantik.

2.Harimau Sumatera

Hewan khas Indonesia selanjutnya yang keberadaannya terancam, adalah Harimau Sumatera, yang mempunyai Bahasa latin Panthera Tigris Sondaika.

Hidup di Pulau Sumatera, dan yang sangat disayangkan hanya tersisa sekitar 500 ekor saja. Hal ini diakibatkkan karena rusaknya habibat mereka di alam hingga tingginya angka kematian.

Ironi, dari tahun 1998 hingga 2000, sudah tercatat ada 66 ekor Harimau Sumatera yang terbunuh. Tidak hanya itu, Harimau Sumatera ini sering diperjualbelikkan secara illegal, bagian tubuhnya seperti kulit, sering menjadi incaran pasar gelap.

Pasalnya kulit hewan satu ini sering dijadikan sebagai ikat pinggang, perhiasan, maupun tas kulit dan dijual dengan harga yang sangat tinggi. Sayang, banget ya sahabat biartau, Sumatera Harimau terancam punah.

 

BACA JUGA:Burung Murai Batu yang Sedang Populer di Indonesia, Penampilan Elegan dan Rajanya Kicauan Merdu!

 

3.Burung Merak

Selanjutnya, ada Burung Merak yang menjadi hewan langka dan di lindungi di Indonesia, Burung ini dapat ditemukan di wilayah jawa bagian timur.

Sumber: