Presiden Jokowi Akan Mendistribusikan 38 Sapi ke Tiap Provinsi

Presiden Jokowi Akan Mendistribusikan 38 Sapi ke Tiap Provinsi

Presiden Jokowi Akan Mendistribusikan 38 Sapi ke Tiap Provinsi-Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan kepada pers usai kunjungan ke Pasar Palmerah Jakarta pada Senin (26/6)-ANTARA/Mentari Dwi Gayati

RADAR JABAR - Pada perayaan Idul Adha 1444 H, Presiden Jokowi akan mendistribusikan 38 ekor sapi ke tiap Provinsi di Indonesia. Pendistribusian tiap ekor sapi di tiap provinsi di Indonesia ini juga telah dilakukan oleh Jokowi pada tahun lalu.

Sebelumnya, Jokowi juga mendistribusikan satu ekor sapi kepada 34 Provinsi yang dijelaskan oleh Heru Budi Hartono selaku Kepala Sekretariat Presiden.

Kali ini Presiden Jokowi menambahkan empat ekor sapi setelah terbentuk empat Provinsi baru di Indonesia, yaitu Papua Barat, papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan. Menurut Heru Budi Hartanto, sapi-sapi yang akan didistribusikan telah sesuai dengan usulan pada tiap-tiap pemerintah provinsi.

Jenis sapi yang akan diberikan dan didstribusikan oleh Presiden Jokowi memiliki jenis Simental Limosi Angus, Brahman, serta peranakan Ongole yang merupakan sapi Bali. 

Dalam proses distribusi sapi, Sekretariat Presiden nantinya akna bekerja sama dengan lingtas kementrian, yaitu Kementarian Pertanian, kementrian Agama, Dirjen Dinas Agama agar bisa mendistribusikan sapi yang sesuai dengan persyaratan.

Sapi-sapi yang didistribusikan harus bebas dari penyakit mulut dan kuku, memiliki bobot mencapai 900 kilogram hingga 1,2 ton.

Presiden RI Joko Widodo juga menyampaikan akan melaksanakan ibadah sholat Idul Adha pada Kamis, 29 Juni 2023 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Diketahui juga bahwa Jokowi juga akan merayakan Idul Adha disana.

Hal ini disampakai langsung oleh Presiden RI ketika mengunjungi pasar Palmerah yang berlokasi di Jakarta Pusat.

"Di Jogja" ucap Presiden Joko Widodo

Seperti sebelumnya mengenai perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H telah ditetapkan oleh Kementrian Agama setelah pelaksanaan sidang isbat di Jakarta pada Minggu (18/6).*

Sumber: antara