Aplikasi Jakarta Kini 3.0: Pengembangan Platform Digital bagi Pelayanan Informasi Publik

Aplikasi Jakarta Kini 3.0: Pengembangan Platform Digital bagi Pelayanan Informasi Publik

Unit Pengelola Jakarta Smart City (UP JSC) lakukan pembaharuan pada aplikasi Jakarta Kini (JAKI) untuk generasi 3.0, dengan pengembangan berbagai fitur.-radarjabar.disway.id-disway.id

RADARJABAR.DISWAY.ID - Bersamaan dengan perayaan hari ulang tahun Kota Jakarta ke-496, Unit Pengelola Jakarta Smart City (UP JSC) mengumumkan pembaharuan pada aplikasi Jakarta Kini (JAKI).

Pembaharuan aplikasi Jakarta Kini yang dilakukan oleh UP JSC telah terhitung untuk ke-tiga kalinya, maka dari itu Jakarta Kini 3.0 diharap dapat meningkatkan sektor pelayanan informasi publik berbasis digital.

Jakarta Kini juga merupakan bagian dari program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menuntaskan isu keterbatasan akan akses informasi bagi masyarakat berdasarkan kebutuhannya masing-masing.

BACA JUGA: Mahfud MD Harapkan KPI Aktif dalam Mengawasi Penyiaran Pemilu

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Sigit Wijatmoko menuturkan bahwa kenyamanan dan kemudahan pengguna merupakan fokus utama dari pengembangan Jakarta Kini.

“Melalui pembaruan versi 3.0 ini warga Jakarta pengguna aplikasi Jakarta Kini dapat lebih mudah mengakses informasi dan layanan publik digital terkini di Jakarta,” ujar Sigit, dalam keterangannya, Sabtu 24 Juni 2023.

Sebagai super apps, platform Jakarta Kini akan terus dikembangkan baik dari sisi tampilan pengguna (user interface) maupun penambahan fitur untuk pengalaman pengguna (user experience).

“Harapannya ke depan Jakarta Kini terus melakukan inovasi dengan mengintegrasikan berbagai layanan publik digital dari berbagai perangkat daerah ke dalam satu platform aplikasi,” jelas Sigit.

BACA JUGA: Taman Safari Tahura Banten, Dispar Sebut Pembangunan Akan Habiskan Dana Capai Rp1 Triliun

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Jakarta Smart City (UP JSC) Yudhistira Nugraha menjelaskan tiga perubahan yang ada pada Jakarta Kini Generasi 3.0.

“Pertama, platform aplikasi Jakarta Kini saat ini sudah dwibahasa dalam rangka beradaptasi dengan arah perkembangan Jakarta sebagai kota global," ungkap Yudhistira.

"Dengan pilihan tampilan bahasa Inggris, platform Jakarta Kini menyasar pengguna baru dari kalangan ekspatriat ataupun turis mancanegara yang sedang berkunjung ke Jakarta,” tambahnya.

Selanjutnya, UP JSC juga melakukan personalisasi informasi dan layanan pada platform aplikasi Jakarta Kini.

“Tampilan Jakarta Kini Generasi 3.0 ini telah beradaptasi sesuai dengan kebutuhan dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga ibu rumah tangga. Sehingga pengguna dapat memanfaatkan fitur yang dibuat dengan mudah,” tuturnya.

Sumber: