Fitur Baru QRIS Rilis Mulai Agustus 2023, Bisa Transfer, Tarik dan Setor Tunai

Fitur Baru QRIS Rilis Mulai Agustus 2023, Bisa Transfer, Tarik dan Setor Tunai

Fitur Baru QRIS Rilis Mulai Agustus 2023, Bisa Transfer, Tarik dan Setor Tunai-Ilustrasi Penggunaan QRIS BRI di salah satu pusat perbelanjaan-ANTARA/HO-BRI

Radar Jabar – Kode QR Standar Indonesia atau QRIS tidak hanya bisa digunakan untuk pembayaran karena akan mendapatkan tambahan tiga fitur baru. Mulai Agustus 2023, Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan fitur baru QRIS yang mencakup layanan transfer, tarik tunai, serta setor tunai.

 

Filianingsih Hendrata selaku Deputi Gubernur BI menjelaskan bahwa penyematan fitur baru QRIS bernama QRIS Tuntas. Sebelum akan resmi rilis Agustus 2023, fitur yang sudah dikembangkan sejak 2021 itu dirilis secara terbatas di Bali tahun lalu.

 

“QRIS tarik tunai, transfer, dan setor namanya kita ganti QRIS Tuntas. Jadi kita sudah lakukan sejak 2021, kemudian 2022 Pak Gubernur (Gubernur BI Perry Warjiyo) lakukan soft launching di Bali. Nanti, mudah-mudahan grand launching bis akita lakukan pada Agustus sebagai ulang tahun kemerdekaan RI,” tuturnya dalam konferensi pers, Kamis (22/6), dikutip pada Jumat (23/6) dari Republika.

 

BACA JUGA:Percepatan Elektronifikasi Pembayaran Pajak Daerah dan Retribusi, Kemendagri Genjot Pemanfaatan QRIS Dinamis

 

Hendra mengungkapkan saat ini sudah  ada 16 peserta piloting yang melakukan uji coba implementasi QRIS Tuntas. Peserta-peserta tersebut kemungkinan besar terdiri dari Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) bank dan non-bank.

 

Lebih lanjut dirinya menyebut penerapan fitur baru QRIS itu memberikan setidaknya tiga manfaat. Pertama, menurutnya layanan baru itu bakal mendongkrak kualitas layanan sistem pembayaran digital.

 

Kemudian terjadinya optimalisasi source of fund mengingat dana yang digunakan bukan berasal dari simpanan saja. Melainkan juga bisa bersumber dari uang elektronik.

 

Manfaat kedua adalah meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas. “Kenapa demikian? Karena tiga fitur baru tersebut nanti bisa dilakukan antara bank dengan bank atau bank dengan non-bank. jadi akan semakin terintegrasi,” ucap Filianingsih Hendrata, dikutip dari Bisnis.com pada Jumat (23/6).

 

BACA JUGA:Profil Pierluigi Colina, Wasit ‘Kejam’ FIFA Bermata VAR yang Diundang Erick Thohir ke Indonesia

 

Adapun yang ketiga ialah meningkatkan inklusi keuangan. Hal ini lantaran penggunaan QRIS Tuntas bisa dilakukan di wilayah 3T (terdepan, terluar, terpencil), selagi ada merchant QRIS.

 

“Jadi nanti bisa memanfaatkan jangkauan dari merchant QRIS. Kalau tidak ada ATM, tidak apa-apa. Tidak ada bank tidak apa-apa. Sepanjang ada merchant QRIS, itu bisa dilakukan,” imbuh Hendrata.

 

Bank sentar pun percaya pengembangan fitur anyar tersebut akan membuat QRIS menjadi solusi praktis serta efisien dalam pelbagai aktivitas transaksi keuangan.

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: