Mobil listrik Wuling Air EV Punya Spesifikasi Canggih dan Bodi Praktis, Kamu Harus Punya!

Mobil listrik Wuling Air EV Punya Spesifikasi Canggih dan Bodi Praktis, Kamu Harus Punya!

Mobil listrik Wuling Air EV Punya Spesifikasi Canggih dan Bodi Praktis, Kamu Harus Punya!-Mobil listrik Wuling Air EV Punya Spesifikasi Canggih dan Bodi Praktis, Kamu Harus Punya!-

RADAR JABAR - Wuling Air EV yang rilis pada 1 Juni 2022, telah mendukung peningkatan popularitas mobil listrik sebagai kendaraan yang ramah lingkungan.

Bahkan pemerintah juga ikut menggalakkan program subsidi pembelian mobil listrik di masyarakat. Mobil listrik Wuling Air EV pertama kali diperkenalkan di Indonesia sebelum dirilis di China.

Pengenalan resmi mobil ini bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-5 Wuling Indonesia. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai spesifikasi dan harga mobil listrik ini. Desain mobil listrik Air EV menggabungkan unsur-unsur teknologi dengan gaya futuristik.

Dibandingkan dengan kendaraan empat roda lain yang sering melintasi jalan di Indonesia, mobil ini memiliki ukuran yang kecil dan tampil kompak.

Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Air EV

Penjelasan mengenai spesifikasi mobil listrik Wuling Air EV dibagi menjadi dua bagian, yaitu spesifikasi mengenai eksterior dan interior. Kami akan jelaskan secara lengkap di bawah ini:

Eksterior Wuling Air EV

Dalam hal eksterior, dimensi Air EV memiliki ukuran panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, tinggi 1.631 mm, dan jarak sumbu roda 2.010 mm. Ketika dilihat secara menyeluruh, tampilan eksterior Air EV terlihat futuristik dan modern.

Konsep "futuristic-tech" digunakan dalam desain eksterior Air EV, memberikan kesan bahwa mobil listrik ini berasal dari masa depan.

Bagian depannya dilengkapi dengan extended horizon LED yang memiliki aksen biru yang melintang dari spion kiri ke kanan pada varian Long Range.

Pada varian Standard Range, aksen biru digantikan dengan aksen krom. Lampu sein yang terpasang di spion samping Air EV juga menggunakan teknologi LED.

Logo khas Wuling yang berada di bagian depan mobil memiliki warna perak dan akan menyala ketika Air EV dalam keadaan aktif.

Untuk varian yang lebih rendah, Air EV menggunakan lampu depan dan belakang berbasis bohlam halogen, sementara varian yang lebih tinggi telah mengadopsi teknologi LED.

Meskipun masih menggunakan bohlam halogen, pencahayaan lampunya cukup terang ketika mobil listrik ini digunakan saat malam hari. Pada bagian kaki-kaki mobil, terdapat pelek berukuran 12 inci dengan ban berukuran 145/70.

Desain bagian belakang mobil serupa dengan bagian depan, namun memiliki bentuk yang lebih kotak, sedangkan bagian depan cenderung berbentuk bulat.

Selain itu, Air EV menggunakan penggerak roda belakang dan baterai yang ditempatkan agak ke bawah, memberikan stabilitas saat mobil dikendarai di jalan.

Interior Wuling Air EV

Interior Wuling Air EV memiliki tampilan modern meskipun dengan desain yang sederhana. Dalam hal konfigurasi kabin yang sesuai dengan ukurannya yang kecil, Air EV dapat menampung hingga empat orang dewasa dengan pengaturan 50:50 untuk bangku baris kedua.

Dalam hal hiburan, Air EV dilengkapi dengan berbagai fitur yang handal. Terdapat head unit Integrated Floating Widescreen berukuran 10,25 inci yang terletak di bagian dasbor, khusus untuk varian Long Range, yang membuat tampilan dalam Air EV semakin modern.

Selain itu, head unit Air EV juga memiliki konektivitas internet yang meningkatkan pengalaman berkendara dengan Air EV, baik bagi pengemudi maupun penumpang. AM/FM Radio, USB, dan Bluetooth juga telah dipasang di mobil ini.

Air EV dilengkapi dengan beberapa fitur kenyamanan, termasuk pengaturan AC model putar, port USB Charging, dan power outlet yang terletak di bawah head unit, yang berguna untuk mengisi daya ponsel pengguna.

Mobil ini juga memiliki beberapa kompartemen yang dapat digunakan untuk menyimpan barang bawaan penumpang. Terdapat juga cup holder yang terletak di depan kisi-kisi AC, sehingga minuman dapat tetap dingin selama perjalanan.

Mirip dengan Almaz RS dan Cortez terbaru, Air EV juga memiliki fitur canggih bernama WIND (Wuling Indonesian Command) yang memudahkan pengemudi untuk mengoperasikan fitur-fitur di mobil seperti radio, musik, dan lainnya dengan perintah suara dalam bahasa Indonesia.

Fitur Keamanan

Air EV dilengkapi dengan fitur IoV (Internet of Vehicle), yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan fungsi seperti membuka dan menutup jendela, mengatur suhu di dalam kabin, mengunci pintu, serta melacak posisi mobil melalui aplikasi MyWuling+ yang dapat diakses melalui smartphone.

Fitur tersebut juga memberikan informasi terkait mobil kepada pengguna. Dalam hal keamanan, Air EV dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang andal, termasuk ABS (Anti-lock Braking System), EBS (Electronic Braking System), ESC (Electronic Stability Control), serta dua airbag di bagian depan.

Jok kursi pada interior Air EV memiliki palet warna yang berbeda tergantung pada jenisnya. Varian Standard Range menggunakan jok berbahan kain berwarna abu-abu, sementara Long Range memiliki jok berbahan kulit sintetis dengan warna carbon black.

Bahan yang digunakan untuk melapisi jok juga digunakan pada setir kemudi Air EV. Setir kemudi dilengkapi dengan fitur multifunction switch yang dapat mengontrol beberapa fitur hiburan, meter cluster, dan juga fitur WIND.

Di depan pengemudi, terdapat meter cluster berdesain full color dengan ukuran yang berbeda tergantung pada varian mobil. Varian Standard Range memiliki meter cluster berukuran 7 inci, sementara varian Long Range memiliki ukuran 10,25 inci.

Di sebelah kiri pengemudi, terdapat knop bulat yang berfungsi untuk mengatur transmisi mobil. Terdapat juga tuas rem tangan elektrik dan pengaturan buka-tutup jendela pintu Air EV. Fitur one touch tumble disematkan pada kursi penumpang untuk memudahkan lipatan kursi depan agar akses ke kursi belakang menjadi lebih mudah.

Khusus untuk varian Long Range, terdapat beberapa fitur canggih seperti keyless entry untuk masuk ke mobil tanpa menggunakan kunci manual, dan Smart Start System yang memudahkan pengoperasian mesin mobil.

Harga Wuling Air EV 2023

Di pasar otomotif Indonesia, Wuling Air EV memiliki harga mulai dari Rp 243 Juta untuk varian dasar Standard Range, dan dapat naik hingga Rp 299,5 Juta untuk varian tertinggi.

Mobil ini tersedia dalam 2 varian, dengan DP (Down Payment) mulai dari Rp 37,09 Juta dan cicilan per bulan (MA) sebesar Rp 9,79 Juta (selama 24 bulan) per tanggal 5 Juni 2023.

Harga OTR (On The Road) untuk versi otomatis Wuling Air EV dimulai dari Rp 243 Juta. Untuk mengetahui harga OTR dan promo yang tersedia, dapat dilihat pada daftar harga Air EV 2023.

Pada awal April 2023, melansir dari detikOto melaporkan bahwa pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan subsidi yang memberikan pengurangan pajak sebesar 10% untuk pembelian mobil listrik.

Wuling Motors Indonesia, perusahaan otomotif dengan kantor pusat di Liuzhou, China, termasuk salah satu dari dua pabrikan yang memenuhi syarat dan mendapatkan subsidi pemerintah.

Syarat untuk mobil listrik yang memenuhi syarat subsidi adalah memiliki kandungan lokal minimal 40%.

Sumber: