Inilah Makna Logo IKN Nusantara Yang Penuh Dengan Filosofi

Inilah Makna Logo IKN Nusantara Yang Penuh Dengan Filosofi

Makna Logo IKN Nusantara--Twitter

RADAR JABAR- Presiden Joko Widodo kini telah meluncurkan logo resmi Ibu Kota Negara Nusantara. Logo IKN Nusantara ini memiliki beberapa makna tentunya.

Logo yang terpilih ini tentunya didapatkan melalui kompetisi identitas visual IKN. Didesain oleh Aulia Akbar, logo yang dipilih menampilkan tema yang mengakar dalam simbolisme Indonesia. Simbolisme ini terdiri dari Pohon Hayat Nusantara atau pohon kehidupan di Nusantara.

Logo IKN Nusantara ini menangkap esensi kekayaan warisan budaya dan kekayaan alam Indonesia. Mewakili persatuan, keragaman dan komitmen negara yang tak tergoyahkan untuk kemerdekaan.

Logo ini berfungsi sebagai identitas visual IKN, untuk mewujudkan bangsa untuk modal di masa didepan. Seiring dengan perkembangannya, logo Pohon Hayat akan menjadi pengingat akan permadani budaya Indonesia yang dinamis, berkaitan dengan pulau-pulau yang beragam dan pelestarian ekosistem alamnya.

Dengan seiring terwujudnya IKN Nusantara, lambang ini diharap dapat berdiri sebagai bukti visual pesatuan, kemajuan dan semangat lestari bangsa.

Logo ini terinspirasi dari beragam simbol pohon yang ditemukan diseluruh Indonesia, lambang ini mewakili sumber kehidupan dan keanekaragaman hayati yang meilmpah di Indonesia.

Pohon Hayat ini terdiri dari lima akar, tujuh batang, dan tujuh belas bunga. Setiap elemen dalam logo ini memiliki arti yaitu melambangkan pancasila yang merupakan prinsip dasar negara Indonesia.

Prinsip-prinsip ini mewujudkan nilai-nilai inti bangsa, menjadi dasar yang kuat untuk persatuan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Tujuh batang ini mewakili pulau-pulau besar di kepulauan Indonesia. Mereka menunjukan keluasan dan keragaman bangsa, menonjolkan karakteristik unik dan warisan budaya dari masing-masing pulau.

Sementara untuk tujuh belas bunga melambangkan kemerdekaan abadi. Angka ini merupakan tahun proklamasi kemerdekaan Indonesia, yang menegaskan bahwa komitmen bangsa yang teguh terhadap kemerdekaan.

Tema Pohon Hayat ini menekankan kelarasan dengan perkembangan IKN. Tema pohon kehidupan selaras dengan semangat memupuk kebanggaan bangsa dan apresiasi terhadap keragaman budaya di Indonesia.

Untuk filosofinya sendiri ini sejalan dengan semangat pembangunan IKN, untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap jati diri bangsa untuk menjadi bangsa yang besar dan majemuk.

 

Sumber: