Mengapa CVT Motor Bisa Jebol? Inilah Penyebab Utama yang Perlu anda Ketahui!

Mengapa CVT Motor Bisa Jebol? Inilah Penyebab Utama yang Perlu anda Ketahui!

Penyebab CVT Motor Jebol--Istimewa

RADAR JABAR - CVT (Continuously Variable Transmission) adalah jenis transmisi yang umum digunakan pada sebagian besar motor skuter atau matic.

Transmisi ini memiliki peran penting dalam mentransfer tenaga mesin ke roda belakang, dengan cara mengatur perbandingan gigi yang berubah secara terus menerus.

BACA JUGA:Motor Honda Scoopy 160 ala Skutik Retro Eropa, Akan Rilis Akhir Tahun? Berikut Spesifikasi Lengkapnya!

Meskipun CVT memiliki banyak keunggulan, seperti akselerasi yang mulus dan efisiensi bahan bakar yang tinggi, namun terkadang pengendara mengalami masalah serius ketika CVT motor jebol.

Berikut adalah beberapa penyebab umum CVT motor jebol beserta solusinya.

1. Penggunaan Oli yang Tidak Sesuai

Salah satu penyebab utama CVT motor jebol adalah penggunaan oli yang tidak sesuai atau kekurangan oli. Oli yang kotor atau tidak diganti secara teratur dapat menyebabkan lecet dan suhu yang tinggi di dalam CVT.

Hal ini dapat merusak komponen internal, seperti sabuk CVT, rol-gulir, dan pulley. Solusinya adalah memastikan menggunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan dan secara rutin mengganti oli sesuai jadwal yang ditentukan.

BACA JUGA:Selis Agats: Motor Listrik Termurah Dapat Subsidi Harga Menjadi 7jutaan! Apakah Layak Dibeli?

2. Overheat atau Kelebihan Pemanasan Motor

CVT yang terlalu panas atau overheat juga dapat menyebabkan kegagalan pada sistem CVT. Kelebihan pemanasan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kondisi lalu lintas padat, kelebihan beban, atau pendinginan yang tidak efektif. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan motor memiliki sirkulasi udara yang baik dan periksa sistem ventilasi secara berkala. Jika terjadi kepanasan, berhenti sejenak untuk memberikan waktu pendinginan sebelum melanjutkan perjalanan.

3. Komponen yang Aus atau Rusak

Motor CVT yang sering digunakan dalam kondisi yang keras atau memiliki perawatan yang buruk dapat mengalami keausan pada komponen CVT, seperti sabuk CVT atau rol-gulir. Pada kondisi yang parah, komponen ini dapat patah atau rusak, menyebabkan motor jebol CVT. Solusinya adalah melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin, serta mengganti komponen yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

4. Penanganan yang Kasar atau Salah

Pengoperasian Cara mengendarai yang kasar atau kesalahan dalam pengoperasian motor CVT juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem CVT. Misalnya, melakukan akselerasi atau deselerasi yang tiba-tiba, penguncian gigi yang tidak tepat, atau terlalu sering melakukan pengereman mendadak. Penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang disarankan oleh pabrikan dan mengendarai motor dengan lembut dan hati-hati.

5. Kualitas Komponen yang Buruk

Terakhir, penyebab jebolnya motor CVT bisa juga disebabkan oleh kualitas komponen yang buruk atau tidak asli. Penggunaan suku cadang yang tidak berkualitas dapat mengurangi kinerja dan daya tahan motor CVT. Pastikan Anda menggunakan suku cadang yang asli dan berkualitas dari produsen yang terpercaya.

BACA JUGA:Siap Saingi Vespa dan Yamaha Filano? Honda Luncurkan Scoopy Retro Stylo 160 , Berikut Spesifikasi dan Harganya

Kesimpulannya, motor CVT bisa jebol karena beberapa faktor, seperti penggunaan oli yang tidak sesuai, overheat, komponen yang aus atau rusak, penanganan yang kasar, atau kualitas komponen yang buruk.

Untuk menghindari masalah ini, penting untuk menjaga motor CVT dalam kondisi baik dengan melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin. Selain itu, pengendara juga perlu memahami cara mengoperasikan motor CVT dengan benar dan mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh pabrikan.

Sumber: