Simak Perbedaan Yamaha RX King dan RX Spesial, Ketahui Detailnya!

Simak Perbedaan Yamaha RX King dan RX Spesial, Ketahui Detailnya!

RX King dan RX Spesial -Tangkapan Layar YouTube @YRKIChannel-

Radar Jabar - Mari kita ulas perbedaan RX King dan RX Spesial. Sebenarnya, banyak sekali perbedaan antara RX King dan RX Spesial. Sebagai informasi. Yahama RX ini masuk ke Indonesia pada tahun 1977, model pertama RX yang datang ke Indonesia yaitu Yamaha RX100.

Lalu pada tahun 1981 sampai tahun 1983, Yamaha RX Spesial ini mulai meluncur di tengah konsumen otomotif Indonesia. Lalu pada tahun 1983, Yamaha RX King mulai mengaspal hingga tahun 2009.

Maka, apa saja perbedaan RX King dan RX Spesial ini? Simak ulasannya berikut ini! 

RX Spesial memang lebih senior daripada RX King. RX Spesial didatangkan dari Jepang dengan kondisi built up yang menggunakan half fairing, maka lampu batok yang ada pada RX Spesial ini terlihat jadul namun klasik. 

Motor RX Spesial ini mempunyai mesin 2 stroke berkapasitas 115 cc yang mampu memuntahkan tenaga 15,5 hp pada 8500 rpm, dilengkapi pendingin udara dan didukung tangki bahan bakar berkapasitas 9,5 liter. 

Yang menarik dari motor RX Spesial yaitu pada penggunaan rem belakang jenis tromol. Rem tromol termasuk sistem pengereman yang paling canggih pada saat itu. 

BACA JUGA:3 Pilihan Warna All New Yamaha RX King 2023 Bikin Gaya Makin Menggelegar ! Mana Favoritmu?

Selanjutnya, RX King ini merupakan penerus RX Spesial yang dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1983-2009. RX King hadir ke Indonesia dari Jepang dalam bentuk box mesin saja yang utuh. Sedangkan perakitannya dilakukan di Indonesia.

RX King mempunyai mesin yang lebih canggih dibanding seniornya RX Spesial. Meski begitu, RX King di Indonesia menggunakan dua generasi mesin. Berikut perbedaan dari dua generasi mesin tersebut.

Pada mesin generasi pertama pada RX King (1983-2005) dilengkapi sistem pendingin udara dengan kapasitas 132 cc 1 silinder. Karburatornya berjenis VM 26 Mikuni yang mampu menyemburkan tenaga 18,5 hp.  Serta tangki bahan bakarnya berkapasitas 9,5 liter dan tangki oli sebesar 1 liter.

Sedangkan pada RX King generasi 2 pada tahun (2006-2009) dilengkapi sistem pendingin udara dengan kapasitas 132 cc. Karburatornya berjenis VM 26x1 Mikuni yang mampu menyemburkan tenaga 18,5 hp. Sedangkan tangki bahan bakarnya berkapasitas 9,5 liter dan tangki oli sebesar 1 liter.

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Yamaha RX King 2023, Motor Ganteng Harga Rp. 20 Jutaan?

Sumber: