Perbedaan Antara Chemical Sunscreen dan Physical Sunscreen! Apasih Kelebihan dan Kekurangannya?

Perbedaan Antara Chemical Sunscreen dan Physical Sunscreen! Apasih Kelebihan dan Kekurangannya?

Perbedaan Antara Chemical Sunscreen dan Physical Sunscreen! Apasih Kelebihan dan Kekurangannya-Sunscreen-Pixabay

RADAR JABAR - Sinar matahari adalah salah satu sumber sinar UV yang dapat berbahaya bagi kulit manusia. Terlalu banyak terkena sinar matahari dapat menyebabkan iritasi kulit, penuaan dini, dan sejumlah penyakit kulit lainnya.

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, banyak orang menggunakan produk sunscreen. Sunscreen merupakan produk yang masuk ke dalam step skincare untuk perawatan kulit  dan kecantikan bagi sebagian orang yang memang mengetahui se penting apa sunscreen itu.

Namun, produk sunscreen banyak tersedia dengan bahan kimia atau bahan fisik yang berbeda. Dan kita harus berhati-hati dengan kandungan tersebut, pilih kandungan yang cocok dengan jenis kulit kita.

Pada artikel ini, akan dibahas cara membedakan antara chemical sunscreen dan physical sunscreen, serta kelebihan dan kekurangan dari dua produk tersebut.

 

Berikut Perbedaan Antara Chemical Sunscreen dan Physical Sunscreen, Kelebihan dan Kekurangan dari Keduanya.

 

BACA JUGA:6 Rekomendasi Sunscreen Viral yang Beneran Bagus! Tidak Bikin Kusam Sama Sekali, Kalian Harus Coba!

 

1. Chemical Sunscreen

Chemical sunscreen menggunakan bahan kimia seperti oxybenzone, avobenzone, dan octinoxate untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Cara kerja chemical sunscreen adalah dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi energi yang tidak berbahaya bagi kulit.

Bahan-bahan kimia dalam chemical sunscreen juga dapat menyebar merata pada kulit, sehingga memberikan hasil yang lebih efektif dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Kelebihan:

  • Chemical sunscreen cenderung lebih mudah diaplikasikan pada kulit karena teksturnya yang lebih ringan. Sehingga, produk ini lebih cocok untuk pemilik kulit yang berminyak atau kombinasi.
  • Chemical sunscreen lebih mudah menyerap pada kulit dan tidak meninggalkan noda putih atau whitecast yang khas seperti physical sunscreen.
  • Chemical sunscreen mengandung lebih banyak bahan aktif yang dapat memberikan perlindungan sinar UV yang lebih kuat.
  • Sunscreen nya akan bekerja setalah 30 menit dari waktu pemakaian.

Kekurangan:

  • Beberapa bahan kimia dalam chemical sunscreen dapat menyebabkan iritasi kulit atau alergi terutama bagi kulit yang sensitif.
  • Chemical sunscreen juga dapat menyebabkan reaksi kimia dengan sinar UV, memicu produksi radikal bebas pada kulit dan mengakibatkan kulit menjadi rentan terhadap keriput dan kerusakan kulit lainnya.
  • Bahan aktif kimia dalam chemical sunscreen mengalami degradasi lebih cepat dibandingkan bahan fisik dalam physical sunscreen.

 

Sumber: