5 Makanan Khas Sukabumi, Pas Buat Oleh-oleh Loh!

5 Makanan Khas Sukabumi, Pas Buat Oleh-oleh Loh!

Mochi Sukabumi-Foto : Instagram/@bikaambonsundarasa-

Radar Jabar - Kota Sukabumi merupakan salah satu kota terkecil di Provinsi Jawa Barat. Kata Sukabumi sendiri berasal dari Bahasa Sunda yaitu Suka dan Bumen (Menetap) yang memiliki arti sebuah wilayah yang disukai untuk menetap karena iklimnya yang sejuk. Sedangkan ada pendapat lain yang mengatakan bahwa kata Sukabumi berasal dari Bahasa Sanskerta yaitu Suka dan Bhumi yang berarti “Bumi yang disukai”.

Kali ini kita akan membahas makanan yang merupakan jadi ciri-khas di Kota Sukabumi. Berikut makanan-makanan khas Sukabumi yang cocok dijadikan untuk oleh-oleh untuk keluarga:

1. Mochi

Sukabumi tentu terkenal dengan Mochinya. Siapa yang tidak kenal Mochi? Makanan yang berbentuk mungil dan kenyal ini sudah menjadi primadona oleh-oleh khas Sukabumi. Berbagai gerai oleh-oleh pasti menyediakan makanan mochi.

banyak para masyarakat setempat dan juga wisatawan yang menyukai makanan Mochi ini. Teksturnya yang lembut dan kenyal, ditambah tampilan warna-warni makin membuatnya terlihat menarik.Soal rasa sudah pasti manis dan lumer di mulut. Banyy sekali varian baru dari mochi yang dijual di Sukabumi misalnya seperti rasa cokelat, matcha, durian, dan lain-lain.

2. Roti Priangan

Roti Priangan merupakan salah satu kuliner legendaris yang dimiliki oleh Kota Sukabumi. Roti ini sudah diproduksi sejak tahun 1943 oleh Oey Tjiang Lie. Saat ini, Roti Priangan sudah dikelola oleh generasi ketiga keluarganya. Rumah produksinya berada di Jalan Parigi Kel. Nyomplong Kec. Warudoyong, Sukabumi. Roti ini sangat cocok dijadikan buah tangan bagi para wisatawan.

Roti ini dibuat tanpa bahan pengawet. Varian roti yang menjadi ciri khas dari Roti Priangan ini adalah roti tanduk. Roti tanduk memiliki bentuk seperti tanduk yang berisi susu dan mentega. Selain roti tanduk, ada juga roti kepang dan roti manis.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Night Street Food di Bandung yang Harus Dikunjungi! Apa Saja Makanan Terkenalnya?

3. Kue Jahe

Kue jahe kini sering disebut juga sebagai kue jadul. Camilan berbahan jahe parut yang dicampur gula itu memiliki rasa yang manis dan tekstur renyah di luar lembut di dalam. Sangat cocok apabila dikonsumsi bersama sirup dingin atau teh panas.

Sumber: