Klinik KIP-K Memperluas Informasi Mengenai Dunia Perkuliahan Kepada KPM PKH Jetis Bantul

Klinik KIP-K Memperluas Informasi Mengenai Dunia Perkuliahan Kepada KPM PKH Jetis Bantul

Klinik KIP-K, Memperluas Informasi Mengenai Dunia Perkuliahan Kepada KPM PKH Jetis Bantul-Klinik KIP-K-Tangkap layar

RADAR JABAR, Yogyakarta- Praktik Pengembangan Masyarakat (PPM) Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Program Keluarga Harapan (PKH) melaksanakan program Klinik KIPK pada awal tanggal 19 Februari 2023. Praktik Pengembangan Masyarakat (PPM) Program Keluarga Harapan merupakan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dan bekerjasama dengan lembaga PKH Kapanewon Jetis dengan tujuan memperluas wawasan anggota klinik kipk serta dapat memberdayakan masyarakat Kelompok PKH Kapanewon Jetis. 

Program Klinik KIPK hadir dengan tujuan sebagai program yang diharapkan dapat mengatasi minimnya informasi anak dari KPM PKH Kapanewon Jetis tentang bantuan Beasiswa KIP-K dan memotivasi agar dapat berlanjut ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. Anggota Klinik KIPK berjumlah 37 anggota dengan kriteria lulusan SMA dan penerima Program Keluarga Harapan. Dalam program klinik KIP-K ini terbagi dalam beberapa fokus kegiatan yaitu, sharing session beasiswa KIP-K, konseling seputar ujian perguruan tinggi dan KiPK,  pemberian buku digital yang berisi soal dan pembahasan, try out SNBT 2023 dan bimbingan belajar. 

Dalam serangkaian program Klinik KIPK PPM di PKH Jetis terdapat kegiatan Sharing Session yang membahas seputar informasi mengenai beasiswa, tips dan trik lolos KIPK, dan alur pendaftaran beasiswa KiPK Kemendikbud. Seminar pertama telah dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Februari 2023 dengan menghadirkan Wanda Faring Fitnia dan Ibu Siti Latifah juga Azzizah sebagai narasumber serta dipandu oleh Budiman Yunus selaku moderator. Seminar ini dilaksanakan melalui media daring Google Meet. 

Program Klinik KIP juga mengadakan Try Out kepada peserta Klinik KIP untuk menguji kemampuan para peserta agar siap menghadapi SNBT di Perguruan Tinggi. Pelaksanaan Try Out ini dilakukan pada tanggal 27 Maret 2023 Adapun materi-materi yang ada di Try Out yaitu Tes Potensi Skolastik, literasi bahasa Inggris, literasi bahasa Indonesia dan penalaran matematika. Try Out SNBT 2023 diselenggarakan setiap minggu dan bertujuan untuk membantu memberikan pengetahuan, serta latihan soal persiapan SNBT. 

Selain itu, terdapat pula kegiatan bimbingan konseling. Bimbingan konseling merupakan salah satu kegiatan dalam program klinik KIP-K. Kegiatan ini bertujuan pemberian informasi terkait prosedur, persyaratan, dan mengatasi masalah dalam proses pendaftaran KIP-K. Dalam pelaksanaannya akan dibentuk kelompok sesuai desa yang akan dibimbing oleh mahasiswa PPM PKH.

Dengan adanya program ini diharapkan mampu memberikan peningkatan peserta dengan harapan memberikan wawasan tentang perguruan tinggi dan konseling dalam pendaftaran KIP-K maupun beasiswa serta melakukan sharing session dengan narasumber. Dengan memberikan arahan dalam pemilihan perguruan tinggi dan program studi yang akan dituju. 

Tentang PPM PKH Jetis

Praktik Pengembangan Masyarakat Program Keluarga Harapan (PPM PKH) merupakan salah satu kegiatan Praktik Pemberdayaan masyarakat dengan upaya mengembangkan sebuah kondisi masyarakat secara berkelanjutan dan aktif berlandaskan prinsip- prinsip keadilan sosial dan saling menghargai. 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Cp. Marsha Aliyah A.     : +6287877038832

E-Mail                          : [email protected]

Instagram                    : marshaaryn

Sumber: