Yuk Coba! Serangga Kaya akan Protein Tinggi yang Bisa Dimakan, Berani Santap?

Yuk Coba! Serangga Kaya akan Protein Tinggi yang Bisa Dimakan, Berani Santap?

Serangga yang Bisa Dikonsumsi--Istimewa

Radar Jabar - Tahukah kalian bahwa terdapat beberapa jenis serangga yang bisa dikonsumsi dan tinggi akan protein loh! Memang bagi sebagian orang, serangga merupakan jenis hewan yang menggelikan. Namun, serangga juga bisa dikonsumsi bahkan mempunyai nilai gizi yang tinggi.

BACA JUGA:Kuliner Malam 24 Jam di Lembang, Penyelamat saat Lapar Menyerang Dimalam Hari!

Dari beberapa sumber mengatakan bahwa pada tahun 2019 lalu sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Science of Animal Resources mengatakan bahwa serangga mengandung jumlah protein yang sangat tinggi dan dapat dikonsumsi oleh manusia. 

Kandungan protein dalam serangga bisa mencapai 35 sampai 60 persen, nilai protein ini lebih tinggi dibandingkan dengan sumber protein lainnya seperti protein nabati yang terdapat dalam sereal, kedelai, dan lain-lain.

BACA JUGA:Nge-Lotek Enak di Bandung Harus ke Mana? Ini 5 Lotek yang Terkenal Enak di Paris van Java!

Bagi anda yang penasaran ingin mencoba mengkonsumsi serangga, berikut ini beberapa serangga yang memiliki nilai protein dan gizi yang tinggi serta sangat baik untuk tubuh manusia.

Serangga yang dapat dikonsumsi

Terdapat beberapa jenis serangga yang memiliki nilai gizi yang tinggi dan dapat dikonsumsi oleh manusia, diantaranya adalah:

1. Jangkrik

Jangkrik bisa diolah dengan cara digoreng atau dicampur tepung, dibeberapa belahan dunia biasanya memadukan jangkrik dengan saus taco yang terkenal di Meksiko. Setiap dua sendok makan tepung jangkrik mengandung sekitar 50 kalori, 2,5 gram lemak, dan 6 gram protein. Beberapa sumber mengatakan bahwa riset yang dilakukan Scienctific Report pada tahun 2018 membuktikan bahwa dalam Jangkrik tersebut mengantuk proboitik yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. 

2. Rayap

Sebuah penelitian pada tahun 2020 lalu membuktikan bahwa rayap ternyata mengandung kaya akan gizi dan berperan penting dalam sistem metabolisme tubuh manusia dan berfungsi sebagai kekebalan tubuh dan tulang. Meskipun rayap dianggap hama karena kerap merusak perabotan rumah, namun rayap sendiri mengandung 100 kali kosentrasi mineral dibandingkan seranggga-serangga lainnya.

3. Belalang 

Riset yang dilakukan oleh Food Science of Animal Resourcesmengatakan bahwa belalang mengandung protein yang sangat tinggi dan lemak namun rendah akan karbohidrat. Banyak penelitian mengenai konsumsi belalang ini dan hasilnya adalah belalang mengandung antioksidan yang lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan sebuah jus jeruk. 

4. Larva Ulat Sutera

Larva ulat sutera mengandung sekitar 50 persen protein dan juga 30 persen lemak baik. Beberapa jurnal penelitian pun mengatakan bahwa larva ulat sutera ini bisa dijadikan sebagai alternatif sumber pangan manusia yang mengandung nilai gizi yang tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi.

BACA JUGA:Berkunjung ke Jogjakarta? Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Khas yang Legendaris ini!

5. Semut

Semut bisa dikonsumsi oleh manusia dengan jenis tertentu yang sudah melalui proses penelitian. Didalam 100 gram semut merah terdapat 14 gram protein, dan juga 48 gram kalsium, dimana kandungan gizi ini lebih tinggi dari telur. Semut juga mengandung kurang dari 100 kalori dan juga semut tersebut mengandung karbohidrat yang cukup rendah.

BACA JUGA:Tunacado Viral di Internet, Ini Resep & Cara Membuatnya ala Chef Wilgoz

Itulah beberapa jenis serangga yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan kaya akan nilai gizi. Serangga dapat menjadi alternatif sumber pangan bahkan bisa juga menjadi sumber utama makanan di masa yang akan datang. Jadi apakah kalian berani mencoba serangga?

 

Sumber: