Inilah Makanan Khas Aceh Enak dan Sederhana! Mudah Untuk Dibuat

Inilah Makanan Khas Aceh Enak dan Sederhana! Mudah Untuk Dibuat

Kuliner Khas Aceh --Radar Jabar

Radar Jabar - Aceh merupakan wilayah paling barat di Indonesia yang memiliki kuliner khas yang sangat menggugah selera. Banyak makanan khas Aceh yang tersohor hingga keseluruh penjuru negeri, seperti diantaranya Mie Aceh, Kari Kambing, Ayam Tangkap, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA:Kuliner Legendaris Sukabumi: Menyajikan Kelezatan Khas Nusantara!

Namun, bagi kalian yang cukup kesulitan untuk mencari lokasi makanan khas Aceh di kota-kotamu. Artikel ini akan membahas tentang resep makanan khas Aceh yang mudah untuk dibuat dirumah. 

Masakan Aceh sangat kental dengan bumbu rempah yang sangat kuat terasa saat disantap. Kombinasi dari cita rasa asin, manis, gurih, asam bersatu dalam satu hidangan khas mereka. 

BACA JUGA:Barisan Kedai Bakso Terenak di Tasikmalaya! Referensi Kuliner Bakso di Kota Mutiara Priangan

Berikut ini makanan khas Aceh yang mudah dibuat, selamat mencoba!

1. Mie Aceh 

Kuliner khas Aceh satu ini sangat terkenal diseluruh Indonesia. Ya, itu adalah Mie Aceh yang biasanya disajikan dengan Teh Tarik dan juga Martabak khas Aceh. Mie Aceh ini memiliki tekstur yang berbeda dengan mie pada umumnya, tekstur Mie Aceh lebih kenyal dan tebal serta menggunakan bumbu rempah yang gurih. Mie Aceh ini sangat cocok disajikan saat cuaca sedang dingin atau hujan. 

2. Kuah Masam Keu-Neung

Kuah Masam Keu-Neung sekilas memang terlihat seperti kari, namun jelas sangat berbeda karena kuliner khas Aceh satu ini berbahan dasar dari ikan tongkol, ikan teringgi, ikan bandeng, atau ikan kakap. Serta cara memasaknya pun cukup mudah, ikan direbus dalam air mendidih lalu dicampur dengan bumbu dari bawang merah, bawang putih, cabe, jahe, daun jeruk, dan kunyit. 

3. Kuah Sie Itek

Makanan khas Aceh paling populer selanjutnya adalah Sie Itek, kuliner satu ini berbahan baku dari itik. Uniknya, itik yang dimasak tidak sama sekali tercium bau aroma amis seperti daging itik atau bebek pada umumnya, wajar saja karena Sie Itek ini menggunakan banyak rempah yang aromatik sehingga menimbulkan aroma rempah khas yang harum. 

4. Martabak Aceh 

Martabak Aceh adalah salah satu dari kuliner terpopuler yang berasal dari Aceh, makanan ini selalu menggoda lidah para pemburu kuliner. Tak heran banyak orang yang sangat menyukai Martabak Aceh ini karena keunikan yang dimilikinya adalah menggunakan bahan baku dari roti canai. Selain itu dari segi rasa pun lebih gurih dan terasa sekali rempah-rempahnya karena penggunaan bumbu rempah yang lebih banyak sehingga aroma yang dihasilkannya pun lebih tajam.

5. Kuah Pliek U

Nama kuliner satu ini memang cukup unik, Pliek U merupakan gulai khas Aceh yang memiliki bahan dasar dari ampas sisa minyak kelapa tua yang sudah melewati proses pemerasan minyak. Kuliner satu ini dimasak menggunakan kacang panjang, daun serta buah melinjo, kacang tanah, kecombrang, daun pepaya, dan sayuran lainnya. Bagi sebagian masyarakat Aceh, biasanya Pliek U ini dicampur dengan belimbing wuluh agar rasanya semakin kuat.

6. Ayam Tangkap

Makanan khas Aceh selanjutnya yang mudah dibuat dirumah adalah Ayam Tangkap. Kuliner satu ini sangat populer di restoran-restoran atau rumah makan di beberapa kota besar di Aceh. Kuliner ini menggunakan ayam utuh yang dilumuri dengan bawang putih, lada, kemiri, garam, serta jahe yang diulek menjadi satu. Ayam didiamkan sebentar agar bumbu meresap kedalam dagingnya, lalu dimasak dengan cara digoreng selama kurang lebih 5-10 menit. 

7. Kue Kembang Loyang

Makanan satu ini biasanya ditemukan di toko-toko kue, Kembang Loyang juga terdapat di daerah Betawi dengan sebutan Kembang Goyang. Kue ini terbuat dari bahan tepung beras dan santan yang dicetak menggunakan cetakan khusus, lalu digoreng dalam minyak panas hingga terlepas dari cetakan.

8. Pacri Nanas

Makanan khas Aceh selanjutnya adalah Pacri Nanas yang berbahan dasar dari buah nanas. Biasanya nanas diolah sebagai hidangan penutup yang manis dan segar, berbeda dengan Pacri Nanas ini yang diolah menggunakan berbagai macam rempah-rempah seperti, bunga lawang, kapulaga, cabai, bawang, dan cengkeh.

9. Nasi Gurih

Bahan baku dari Nasi Gurih ini tak berbeda jauh dengan Nasi Uduk, makanan khas Aceh ini terbuat dari beras, santan, dan juga aneka rempah-rempah yang membuat nasi lebih terasa gurih dan nikmat serta wangi.

10. Mie Jalak Sabang

Kuliner khas Aceh terakhir yang mudah dibuat dirumah adalah Mie Jalak Sabang. Makanan berbahan dasar mie yang kenyal dengan paduan daging ini merupakan makanan khas Aceh Utara. Mie kuah dengan topping tauge, telur, serta daging dipadukan dengan kuah jahe yang hangat.

BACA JUGA:Rasakan Kelezatan Kuliner Khas Surabaya yang Menggoyang Lidah!

Itulah beberapa makanan khas Aceh yang paling enak dan mudah dibuat. Meskipun makanan tersebut terbilang sederhana namun cita rasa yang diberikan akan membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan. Maka jangan lewatkan untuk mencoba membuatnya dirumah ya, selamat mencoba!

Sumber: