Ragam Candi di Jawa Barat: Memahami Sejarah dan Kearifan Lokal!

Ragam Candi di Jawa Barat: Memahami Sejarah dan Kearifan Lokal!

Candi di Jawa Barat--Istimewa

Radar Jabar - Apakah kamu pernah merasa penasaran dengan budaya Jawa Barat yang begitu kaya akan sejarah dan keindahan arsitektur? Jika iya, maka saya punya saran untukmu! Mari kita menjelajahi keajaiban budaya Jawa Barat melalui deretan candi yang tersebar di sana. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan ragam keindahan dan keajaiban dari arsitektur candi-candi tersebut, serta memahami sejarah dan kearifan lokal yang terkait dengan tempat-tempat tersebut.

Indonesia terkenal dengan ribuan candi yang merupakan jejak peninggalan peradaban Hindu Budha di zaman dulu. candi-candi tersebut tersebar hampir di seluruh pelosok Indonesia dan termasuk salah satunya Jawa barat. 

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Murah di Bali yang Wajib Dikunjungi!

Banyak juga candi-candi yang tersebar di Jawa Barat, hal ini membuktikan bahwa Jawa barat sendiri memiliki peradaban yang cukup tinggi di zaman Hindu Budha. Hingga saat ini banyak candi di Jawa Barat yang sudah di renovasi dan dikelola oleh pemerintah atau masyarakat sekitar sebagai cagar budaya. 

Bagi anda pecinta wisata sejarah, beberapa candi di Jawa Barat ini sangat cocok untuk dikunjungi dan dipelajari sejarahnya. Yuk simak artikel ini untuk informasinya.

Berikut Deretan Candi yang Berada di Jawa Barat.

1. Candi Bojong Mende

Pertama ada Candi Bojong Mende yang terdapat di Dusun Bojongmende, Kelurahan Cangkuang, Kecamatan Rancaekek, Kota Bandung. Candi ini terletak dikawasan industri Kota Bandung sehingga sangat mudah untuk dijangkau.

2. Candi Cangkuang

Selanjutnya ada Candi Cangkuang yang terdapat diwilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat. Candi ini merupakan candi pertama yang ditemukan ditanah Pasundan dan menjadi satu-satunya candi Hindu yang berada di kawasan itu.

BACA JUGA:Mengenal Keindahan Hutan Babakan Siliwangi Wisata Gratis di Bandung!

3. Candi Bajujaya

Candi Bajujaya meruapakan komplek candi yang berada di Kecamatan Bajujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Di kawasan ini terdapat beberapa candi Budha yang berada di satu lokasi, dan fakta menariknya candi ini merupakan candi Budha tertua di Indonesia.

4. Candi Jiwa

Sumber: