5 Rumah Makan Khas Sunda Terbaik di Kota Bandung yang Wajib Anda Kunjungi!

5 Rumah Makan Khas Sunda Terbaik di Kota Bandung yang Wajib Anda Kunjungi!

Bandung merupakan kota yang kaya akan cita rasa kuliner, terdapat 5 rumah makan sunda yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi.--https://goo.gl/maps/YFwa3KiF1SAFVM9u7

RADARJABAR.ID, BANDUNG - Bumi pasundan khususnya untuk wilayah Kota Bandung saat ini telah dipandang sebagai surganya para penikmat kuliner. Peristiwa tersebut dibuktikan dengan maraknya para pengunjung asal luar Kota Bandung yang datang hanya untuk menikmati hidangan kuliner yang tersedia.

Tentunya kita tidak bisa jika hanya berbicara tentang kenikmatan yang disuguhkan melalui hidangan kulinernya saja, terdapat aspek lain yang melatarbelakangi cita rasa makanan yang menjadi daya tarik masyarakat luar untuk berkunjung ke kota ini.

Selain nuansa Kota Bandung yang dinilai sejuk dengan banyaknya rindang pepohonan, perilaku budaya masyarakat Bandung juga menjadi penilaian tersendiri. Dimana masyarakat Bandung mayoritas penganut budaya Sunda.

Masyarakat Sunda dikenal memiliki perilaku yang ramah, keramahan tersebut juga mungkin diberlakukan juga terhadap proses penyajian hidangan makanan yang terdapat diberapa tempat atau rumah makan di Kota Bandung.

BACA JUGA: Referensi Wisata Kuliner di Sumedang, Ini 9 Kuliner Legendaris Sumedang yang Lezatnya No Debat

Terdapat cukup banyak rumah makan sunda yang menjadi andalan bagi para penikmat kuliner di Kota Bandung, setiap rumah makan memiliki daya tariknya sendiri.

Berikut kami rekomendasikan 5 rumah makan sunda terbaik yang wajib dikunjungi.

1. Rumah Makan (RM) Boemi Mitoha

Boemi Mitoha merupakan rumah makan khas Sunda yang memiliki daya tarik terhadap hidangan kuliner ala rumahan. Dimana jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Boemi berari rumah dan Mitoha dalah mertua.

Mungkin rumah makan tersebut memiliki filosofi tentang kenikmatan cita rasa kuliner yang dihidangkan oleh sosok mertua. Lokasi dari rumah makan sunda Bomie Mitoha terletak di Jl. Ciliwung No 15, Cihapit, Bandung.

Informasi terkait jam operasional, Boemi Mitoha buka pada pukul 10.00 - 22.00 WIB.

2.  RM Nasi Bancakan

Selain Boemi Mitoha, terdapat pula rumah makan khas sunda bernama Nasi Bancakan. Rumah makan ini tidak hanya menawarkan cita rasa kuliner terbaiknya, melainkan terdapat nilai estetik yang dibawa melalui penggunaan alat perlengkapan makan bernuansa antik.

Kalian dapat turut merasakan bagaimana cara masyarakat sunda di zaman dahulu menikmati hidangan kuliner melalui penggunaan perabotan makan seperti, gelas, piring, sendok, dan garpu, yang masih memiliki desain atau model produksi di masa lampau.

Berdasarkan sejarah tutur yang populer dikalangan masyarakat Sunda, Nasi Bancakan merupakan sebuah hidangan yang disajikan dalam perayaan atau syukuran.

BACA JUGA: Bikin Nostalgia! Inilah Deretan Kuliner Jadul di Kota Bandung yang Wajib Kalian Kunjungi

Bancakan memiliki kesamaan arti dengan istilah 'botram', yang dimana istilah tersebut menggambarkan bagaimana masyarakat Sunda di zaman dahulu sering menyelenggarakan kegiatan makan bersama.

Daya tarik RM Nasi Bancakan dipertebal dengan proses memasak yang masih menggunakan metode lampau, yaitu menggunakan kayu bakar yang memiliki harum khas nuansa pedesaan.

Lokasi dari RM Nasi Bancakan berada di Jl. Diponegoro No 25, Bandung. Kalian dapat mengunjungi RM tersebut pada pukul 10.00 - 21.00 WIB.

3. RM Sunda Bale Gazeeboe

Bagi kalian yang rindu dengan nuansa pedesaan, dimana banyak ditemui area pesawahan dengan gazeeboe sebagai tempat peristirahatan bagi para petani padi.

RM Sunda Bale Gazeeboe tidak hanya menawarkan hidangan kuliner khas sunda, melainkan rumah makan tersebut juga mencoba menggiring penilaian masyarakat terhadap keindahan juga ketenangan yang biasa disuguhkan ketika hendak mengunjungi sebuah desa.

Gazeeboe atau gazebo adalah sebuah tempat yang sering disebut oleh masyarakat sunda sebagai 'saung', dimana tempat para petani beristirahat setelah bekerja sambil menikmati hidangan makanan yang dibekali sang istri atau suaminya sebelum hendak berangkat mencangkul padi.

Hidangan khas dari RM makan sunda Bale Gazeeboe yaitu menu nasi liwet, dengan pelengkap lauk pauk yang tersedia dalam berbagai jenis seperti ikan, ayam, bebek, dan menu nikmat lainnya.

Rumah makan khas sunda ini buka mengikuti jam operasional yaitu pukul 10.00 - 22.00 WIB, berlokasi di Jl. Surapati, No 49, Bandung.

4. RM Khas Sunda Cibiuk

Terdapat pula RM Khas Sunda Cibiuk, walaupun diketahui bahwa Cibiuk merupakan nama dari suatu daerah di Garut, Jawa Barat. Namun, rumah makan tersebut kini hadir di Kota Bandung dengan membawa menu andalan dari kota asalnya.

Cukup populer bagi masyarakat Bandung, khususnya para penikmat kuliner yang mengunjungi RM Khas Sunda Cibiuk untuk mencicip varian menu sambal yang dibuat secara dadakan.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Ramen Ala Jepang di Bandung yang Enak dan Otentik Dengan Harga Murah!

Bagi kalian yang menyukai cita rasa pedas, sangat direkomendasikan untuk turut merasakan menu sambal yang tersedia di RM Khas Sunda Cibiuk. Menu sambal dengan rempah-rempah pilihan khas Garut, menjadi daya tarik yang cukup banyak mengundang padatnya antrian pengunjung.

Lokasi dari RM Khas Sunda Cibiuk berada di Jl. Soekarno-Hatta No 508, Bandung. Kalian dapat mengunjungan rumah makan tersebut pada pukul 10.00 - 21.00 WIB.

5. RM Alas Daun

Berdasarkan pemilihan nama dari rumah makan Alas Daun, mungkin sudah terlintas dipikiran kalian bahwa setiap menu makanan yang dihidangkan menggunakan daun sebagai alasnya.

Pemilihan alas daun sebagai tilam atau alas makanan memang sudah menjadi budaya masyarakat sunda sejak zaman dahulu. Jenis dari daun itu sendiri biasa menggunakan daun dari tumbuhan atau pohon pisang.

Penggunaan daun pisang sebagai alas makanan pada zaman dahulu menjadi sebuah alternatif masyarakat sunda ketika minimnya ketersediaan piring. Namun, pendapat lain mengatakan bahwa masyarakat sunda telah terbiasa menggunakan daun sebagai alas untuk makan.

BACA JUGA: Berikut 5 Kuliner Khas Garut Terpopuler, Gurih Ada Manis pun Ada!

Terdapat kenikmatan tersendiri bagi masyarakat sunda ketika menggunakan daun sebagai alas makan, kenikmatan tersebut mungkin bersumber dari pemaknaan akan sesuatu atau peristiwa yang meliputi daun tersebut.

RM Alas Daun buka pada pukul 10.00 - 21.00 WIB, dan berlokasikan di Jl. Citarum No 34, Bandung.

5 rumah makan khas sunda yang terpilih merupakan sebuah rekomendasi yang dapat kalian catat sebagai bahan pertimbangan. Terkhusus bagi kalian yang ingin menikmati santapan kuliner di bumi pasundan yang terkenal dengan istliah surganya wisata kuliner.***

Sumber: