Jabar Bertekad Pertahankan Predikat Juara Nasional pada Gelar TTGN 2023

Jabar Bertekad Pertahankan Predikat Juara Nasional pada Gelar TTGN 2023

Kepala DPMD Prov. Jabar, Dicky Saromi-istimewa-

RADARJABAR.ID, BANDUNG, - DPMD Jabar bergerak cepat untuk menjaring berbagai TTG Inovasi, Unggulan, dan Posyantek Berprestasi yang akan diikursertakan pada Lomba Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV (TTGN) Tahun 2023.

Pada lomba TTG Jabar kali ini, panitia akan menyeleksi sebanyak 16 TTG Inovasi, 12 TTG Unggulan, dan 5 Posyantek.

Sebagaimana diketahui, bahwa perhelatan ajang tahunan ,para inovator TTG akan diselenggarakan pada tanggal 6 - 10 Juni 2023 mendatang di Provinsi Lampung.

Penunjukan Lampung sendiri sebagai tuan rumah Gelar TTGN XXIV Tahun 2023 ditetapkan setahun lalu di Kabupaten Cirebon saat Gelar TTGN XXIII.

"Target kita adalah kembali menjadi juara umum pada Gelar TTGN XXIV di Lampung nanti," tegas Kepala DPMD Prov. Jabar, Dicky Saromi saat membuka lomba TTG Jabar di Aula Mutawali.

Menurutnya, target itu tidaklah berlebihan karena Lomba TTG Jabar akan menyeleksi TTG Inovasi atau Unggulan serta Posyantek terbaik yang akan mampu bersaing di tingkat nasional.

Hal tersebut diamini oleh Kabid Pengembangan Potensi Desa, Bayu Rakhmana, bahwa lomba TTG Jabar tahun ini lebih variatif dan adaptif sehingga diharapkan TTG yang terseleksi benar-benar yang terbaik.

"Untuk itu, penyelenggaraan lomba TTG Jabar dari tahun ke tahun terus menerus dilakukan perbaikan agar tidak monoton. Sehingga kami berupaya melakukan inovasi supaya lomba TTG ini lebih berkualitas dan TTG Jabar mampu bersaing di kancah nasional," ujarnya.

Menurutnya, lomba TTG Jabar tetap melibatkan tim penilai yang berkompeten di bidang TTG seperti Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Institut Teknologi Bandung, Universitas Pasundan, dan Telkom University.***

Sumber: dpmd jabar