Idulfitri Jadi Momentum Meningkatkan Kualitas Keimanan

Idulfitri Jadi Momentum Meningkatkan Kualitas Keimanan

Bupati Kabupaten Bandung Barat, Hengky Kurniawan--

RADARJABAR.ID - Ratusan masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggelar salat idul Fitri di Masjid Ash-Shiddiq, Kecamatan Ngamprah, KBB, pada Sabtu (22/4/23).

Idul Fitri sebagai momentum kemenangan seusai melaksanakan ibadah puasa pada bulan suci Ramadan mengajarkan berbagai hal untuk kembali ke kesucian fitrah.

Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan  mengatakan momentum idul Fitri selain kembali kepada kesucian fitrah juga mengajarkan berbagai hal mulai dari ketabahan hingga kejujuran baik ucapan atau pun perilaku.

“Merayakan kemuliaan di bulan suci Ramadan dan mampu kembali kepada kesucian yang fitrah. Selama menjalankan ibadah puasa, kita diajarkan ketabahan, ketahanan diri, kerendahan hati, kebenaran, dan kejujuran ucapan juga perilaku,” kata Hengky, dalam sambutan salat Idul Fitri di Masjid Ash-Shiddiq, Sabtu (22/4/23).

Selain itu, momentum idul Fitri sendiri harus menjadi ajang untuk mengingkat kualitas keislaman dan keimanan.

"Momentum idul Fitri ini harus menjadi kemenangan dalam upaya meningkatkan kualitas keislaman keimanan dalam kehidupan sehari-hari. Hari ini kita menjadi Fitri dan suci, dengan tatanan nilai ibadah yang kita tanamkan selama bulan Ramadan," tutur Hengky.

Hengky juga mengajak masyarakat di Kabupaten Bandung Barat (KBB) agar menjadikan 1 Syawal 1444 H sebagai titik awal untuk melakukan hal-hal yang menjadi lebih baik.

“Mari kita jadikan 1 Syawwal ini sebagai titik awal untuk melaksanakan tekad yang lebih baik,” tuturnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa momentum Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah adalah momentum terakhir sebelum masa jabatan menjadi bupatinya berhenti pada September 2023 mendatang. Di momen idul Fitri ini, Hengky meminta maaf kepada masyarakat atas segala kesalahan dan janji-janji politik yang belum terpenuhi.

“Di momentum idul Fitri 1444 H ini atas nama pribadi dan pemerintah daerah, saya meminta maaf kepada masyarakat KBB atas segala khilafan, kesalahan, serta kealpaan selama memimpin jika hingga saat ini masih ada program dan janji politik yang belum terpenuhi," bebernya.

Meski demikian, dirinya mengajak agar selalu menciptakan rasa persaudaraan dan saling mencintai sesama, agar momentum kebahagiaan idul Fitri bisa menjadi lebih sempurna.

“ Mari ciptakan rasa persaudaran dengan sesama, agar kemenangan di lain hari lebih sempurna dan menjadi manusia yang lebih dicintai oleh Allah Subhana wa Taala," tutupnya

Pantauan JabarEkspres di lokasi, ratusan masyarakat memenuhi masjid Ash-Shiddiq untuk menunaikan ibadah salat id, lalu mereka menikmati makanan gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat selain itu disediakan voucher berupa doorpize hadiah mulai dari motor dan lainnya sebagai rangkaian halal bil halal dengan Pemerintahan Bandung Barat.(mal)

Sumber: