Gempa 2,3 Magnitudo Guncang Kabupaten Bandung

Gempa 2,3 Magnitudo Guncang Kabupaten Bandung

-istimewa-

RADARJABAR.ID, - Gempa berkekuatan 2,3 Magnitudo mengguncang kawasan Kabupaten Bandung. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di laman resminya.

“Hari Sabtu, 15 April 2023 pukul 12:55:10 WIB, wilayah KAB-BANDUNG-JABAR dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=2,3. Episenter terletak pada koordinat 7.22 LS dan 107.58 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 22 km Tenggara KAB-BANDUNG-JABAR pada kedalaman 6 km,” tulis BMKG di situs resminya, Sabtu (15/4/2023).

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mencatat jika gempa bumi di wilayah Kabupaten Bandung merupakan jenis gempa bumi dangkal.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal,” kata Teguh.

Teguh menjelaskan jika gempa bumi yang terjadi ini dirasakan hingga wilayah Pangalengan dan Kertasari.

“Dengan Skala Intensitas II MMI *(Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),” sebutnya.

Terkait adanya korban atau dampak, hingga saat ini pihaknya kata Teguh belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut ataupun korban.

Hingga pukul 13.16 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. BMKG pun menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh berita hoax.

“Kami menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat di pertanggung jawabkan,” pungkasnya.

Sumber: