Baznas Kota Bogor Targetkan Rp1,3 Miliar Zakat di Ramadan 2023

Baznas Kota Bogor Targetkan Rp1,3 Miliar  Zakat di Ramadan 2023

Sejumlah warga saat membayar zakat fitrah di Gerai Zakat Baznas Kota Bogor yang dibuka di Balai Kota Bogor, Selasa (11/4) Sore. (Yudha Prananda / Jabar Ekspres)--

RADARJABAR.ID - Badan Amil Zakat Nasional (Bazas) Kota Bogor menargetkan capaian zakat di Ramadan 2023 ini tembus diangka Rp1,3 miliar. Nilai tersebut lebih besar 10 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Baznas Kota Bogor, Subhan Murtadla mengatakan, kini pihaknya tengah berupaya membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) diberbagai kluster seperti sekolah, masjid, dan yayasan. 

"Kami optimis dan terus mendorong antusias masyarakat berzakat di Baznas," ungkapnya  kepada JabarEkspres.com di Balai Kota Bogor pada Selasa, 11 April 2023.

Tak hanya itu, untuk mencapai target itu pihaknya juga menyebar 50 duta zakat diseluruh mall yang ada di Kota Bogor untuk memudahkan masyarakat yang tidak sempat berzakat di UPZ.

Di sisi lain, sambung dia, adanya Peraturan Wali Kota (Perwali) dan Surat Edaran yang mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berzakat di Baznas menjadi sumber pendapatan kuat, sebagai dukungan Pemkot Bogor terhadap pencapaian tersebut.

Subhan menjelaskan, terkait masyarakat yang diwajibkan membayar zakat mal yakni memiliki gaji Rp4-5 juta per bulan. Besaran zakat mal yang ditetapkan ialah 2,5 persen dari akumulasi gaji selama 1 tahun.

Selanjutnya, Baznas menargetkan akan menyalurkan zakat tersebut kepada 1000 mustahik yang terdiri dari 250 guru ngaji, 500 pekerja lepas seperti penyapu jalan dan penjaga taman, serta pekerja lepas lainnya dengan nominal masing-masing Rp200 ribu.

"Rencananya zakat tersebut akan disalurkan di Masjid At Taqwa Balaikota Bogor pada Rabu (19/4) mendatang," terangnya.

Dengan begitu pihaknya mengimbau, masyarakat untuk menyalurlan zakatnya melalui Baznas dengan mendatangi UPZ yang ada di sekolah, kantor kelurahan, dan mall. 

"Kami juga membuka gerai di Balaikota Bogor hingga Jumat (14/4) mendatang," sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menekankan kepada jajaran ASN di lingkungan Pemkot Bogor agar menyisihkan hartanya untuk dizakatkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Baznas Kota Bogor.

"Insyallah akan dikelola dengan amanah oleh Baznas Kota Bogor. Kami ingin baznas ambil bagian meringankan beban warga, membantu kalangan dhuafa dan disalurkan kepada yang berhak," singkatnya.

Sumber: