Jelang Idul Fitri, Pemkot Bandung Pastikan Kepokmas Aman

Jelang Idul Fitri, Pemkot Bandung Pastikan Kepokmas Aman

Dispantan Kota Bandung dan Tim satgas Pangan Pastika ketersediaan Kepokmas Jelang Idul Fitri 2023. Sabtu (8/4).--

RADARJABAR.ID, - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, Dinas Ketahanan Pangan (Dispantan) Kota Bandung bersama tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Mabes Polri dan Polda Jawa barat (Jabar) terus pastikan ketersediaan kondisi kebutuhan pokok di masyarakat (kepokmas).

Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gingin Ginanjar menyebut ada beberapa harga kebutuhan pokok yang dinilai telah mengalami kenaikan harga. Meski demikian, dirinya memastikan harga terbilang stabil.

“Beras stabil harganya masih di bawah HET (harga eceran tertinggi), kemudian minyak ada beberapa tadi Minyakita ada yang Rp 14.000 tetapi dijualnya di atas HET, mungkin oleh satgas nanti akan ditindaklanjuti,” ucapnya di Pasar Sederhana Kota Bandung, Sabtu (8/4).

Sementara untuk harga bahan pokok seperti telur hingga daging ayam, Gingin melanjutkan, cenderung telah mengalami penurunan.

"Telur ayam turun menjadi Rp 33.000 per kg (kilogram) dari yang semula Rp 35.000. Cabai sedikit naik, karena memang permintaan sedang meningkat,” ujarnya

Gingin menjelaskan, jelang perayaan Idul Fitri biasanya sejumlah bahan pokok mulai dari daging sapi hingga yang lainnya akan mengalami peningkatan.

"Tapi daging sapi masih stabil di Rp 140.000 per kg, beberapa yang kualitas bagus harganya Rp 160.000. Tetapi itu harga masih stabil di harga yang masih tetap tinggi tapi stabil,” ujarnya.

Meski begitu, Gingin mengaku bahwa Dispangtan Kota Bandung akan terus memastikan terkait dengan kestabilan harga di pasaran.

“Kalau untuk stok (ketersediaan) tadi cukup, bahkan di rumah potong hewan (RPH) juga tersedia sapi, tinggal daya belinya. Jadi biasanya pasar menyediakan bila ada permintaan konsumen,” pungkasnya

Sumber: