Tahan Haus dan Lapar, Atlet Panjat Tebing Ini Tetap Berlatih di Bulan Ramadhan

Tahan Haus dan Lapar, Atlet Panjat Tebing Ini Tetap Berlatih di Bulan Ramadhan

Atlet Panjat Tebing Kabupaten Bandung, Mira Liawati tengah berlatih di bulan suci Ramadhan 2023.--

RADARJABAR.ID, - Atlet Panjat Tebing Kabupaten Bandung, Mira Liawati tetap asah kemampuan, dengan terus berlatih meski harus menahan rasa haus dan lapar di bulan suci Ramadhan.

Baginya, menahan rasa haus dan lapar bukanlah kendala untuk terus beraktivitas, termasuk dalam mengembangkan kemampuan memanjatnya hingga menambah stamina tubuh.

"Kalau latihan aku pribadi, soalnya kalau bareng tim sementara lagi off dulu, libur latihan. Makanya aku latihan sendiri," kata Mira kepada Jabar Ekspres, Kamis (23/3).

Dia menjelaskan, untuk aktivitas olahraga yang dijalani di bulan suci Ramadhan, saat ini fokus untuk meningkatkan stamina dalam panjat tebing.

"Olahraganya lari sama manjat. Sekarang aku enggak latihan speed dulu, jadi lebih ke Boulder dulu untuk daya tahan stamina," jelas Mira.

Wanita kelahiran Bandung, 22 November 2003 itu diketahui menjadi atlet penyumbang 3 keping medali sekaligus sebagai kontingen Kabupaten Bandung.

Mira berhasil meraih prestasi gemilang dengan membawa pulang 3 medali sekaligus di ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Porprov Jabar) ke XIV pada 2022 lalu.

"Aku latihan bulan Ramadhan paling satu Minggu 3 kali. Latihannya setiap sore sekalian ngabuburit," ucapnya.

"Sengaja latihan walaupun puasa, buat menstabilkan performa latihan, biar enggak terlalu off banget," lanjut Mira.

Sang atlet yang terkenal dengan kecepatan memanjatnya itu mengaku, saat ini dirinya pun telah mempunyai anak didik dalam olahraga panjat tebing.

"Jadi aku latihan sore itu sekalian ngajarin anak didik juga. Kita mulai pukul 16.00 sampai 17.00 (WIB), pokoknya sebelum adzan maghrib kita selesai latihan," imbuh Mira.

Dia menyampaikan, menjadi instruktur atau pelatih olahraga panjat tebing, bermula ketika dirinya diajak bekerja untuk memberikan arahan serta didikan bagi usia anak.

"Udah sekitar 3 bulan aku latih anak-anak. Sebetulnya ada orang-orang yang sekadar latihan jadi sekalian aku instrukturin," papar Mira.

"Tapi kalau yang privat khusus aku latih itu baru ada 3 anak," tambahnya.

Sumber: